Desa Trahean dan Kamawen lokasi fokus pemadaman karhutla

id karhutla barito utara,satgas karhutla barut,bpbd barito utara

Desa Trahean dan Kamawen lokasi fokus pemadaman karhutla

Sejumlah personil BPBD Barito Utara melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan Desa Kamawen Kecamatan Montallat pekan lalu. (ANTARA/HO-BPBD Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Satuan Tugas Kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kini memfokuskan pemadaman kebakaran di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan dan Kamawen Kecamatan Montallat.

"Dua desa ini terdapat kawasan kebakaran lahan yang relatif luas dan pemadamannya lebih sehari," kata Sekretaris Daerah Setda Barito Utara Jainal Abidin pada rapat koordinasi Pusat Pengedalian Operasi (Pusdalops) Karhutla di Mara Teweh, Jumat.  
 
Menurut dia, rakor pusdalops ini dilaksanakan guna melihat sejauh mana penanggulangan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tim gabungan.

Satgas yang dibentuk bertujuan agar dalam penanganan karhutla khususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara dilakukan secara terpadu lintas sektor.

"Terlebih pada hutan dan lahan yang rawan akan kebakaran, kemungkinannya tiap tahun nyaris tak pernah luput dari amukan si jago merah. Saat ini, Program Kerja Satgas Karhutla difokuskan di Desa Trahean dan Desa Kamawen," katanya.

Meskipun, kata dia, dalam dua hari ini hujan sudah mengguyur wilayah Kabupaten Barito Utara serta turut memadamkan kebakaran hutan dan lahan. 

"Namun kita tetap harus waspada agar tidak ada lagi kabut asap di wilayah Barito Utara," kata Jainal.

Kepala BPBD Barito Utara Gazali Montalatua menyebutkan upaya pencegahan lebih baik dari pada penanganan. 

"Alhamdulillah saat ini titik-titik api di wilayah Barito Utara sudah berangsur padam, ini juga berkat hujan yang turun serta upaya tim satgas yang maksimal melakukan pemadaman api di lapangan," kata Gazali.

Secara teknis, kata dia, semua upaya penanganan Karhutla sudah baik terorganisasi terlebih koordinasi lintas sektor yang dituangkan dalam surat Keputusan Bupati sehingga semua dilakukan dengan sangat maksimal saat terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Ia juga mengatakan Satgas Karhutla melibatkan sejumlah pihak diantaranya dari sejumlah intansi terkait, lembaga mitra serta TNI dan Polri. 

"Kami mengharapkan partisipasi masyarakat sehingga upaya penanggulangan maupun pencegahan kebakaran hutan dan lahan bisa berjalan dengan baik," ucap Gazali.

Sementara Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Yusan Riawan menjelaskan bahawa lahan yang ada di wilayah desa Kamawen tersebut sebetulnya tidak terbakar namun ada yang membakar, karena sudah sembilan hari ditangani oleh tim gabungan karhutla belum selesai-selesai.

"Karena ada terlihat tanda-tanda di wilayah ini. Di kanan dan kiri jalan tersebut sudah ada terlihat tanaman sawit, kemudian disebelahnya ada patok-patok panah yang menunjukan bahwa itu batas. Jadi harapan kami mungkin bisa bekerjsama, kalau memang bisa Kepala Desa mengusulkan ke Dinas Pertanian untuk mengurangi membuka lahan dengan cara membakar lahan," kata Dandim.