Pembangunan jalan menuju Pelabuhan Teluk Segintung harus diselesaikan

id Dprd seruyan, kuala pembuang, infrastruktur, jalan, akses, pelabuhan, teluk segintung

Pembangunan jalan menuju Pelabuhan Teluk Segintung harus diselesaikan

Jalan menuju Pelabuhan Teluk Segintung, tersisa sekitar sembilan kilometer yang belum teraspal. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kalangan DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menilai bahwa kesiapan infrastruktur jalan merupakan faktor paling penting, untuk memperlancar ragam aktivitas di Pelabuhan Teluk Segintung.

Ketua Sementara DPRD Seruyan Hadinur di Kuala Pembuang, Jumat mengatakan, jika memang hendak memperlancar operasional pelabuhan, maka akses jalan merupakan hal utama yang mesti diperhatikan pemerintah kabupaten dan pihak terkait lainnya.

"Kami mendorong agar pihak terkait, bisa merealisasikan kelanjutan pembangunan akses jalan penghubung yang berkaitan dengan pengoperasian pelabuhan tersebut," katanya.

Apabila pemkab hendak mengoperasikan Pelabuhan Segintung, maka faktor penunjang yang paling memengaruhi adalah akses jalan. Untuk itu DPRD Seruyan mendorong pihak terkait, agar bisa merealisasikan pembangunan jalan tersebut.

Ia menjelaskan, memang saat ini proses kelanjutan pembangunan akses jalan penghubung mulai dari wilayah Transmigrasi Unit IV sampai wilayah Bangkal masih dalam tahap pengerjaan.

Selain itu, masih ada sekitar sembilan kilometer akses jalan utama, menuju pelabuhan tersebut yang masih belum dilakukan pengaspalan dan diharapkan pula hal itu bisa segera diselesaikan.

"Jalan menuju Bangkal itukan sampai saat ini masih dalam tahap pengerjaan, namun masih ada yang belum diaspal yang langsung ke pelabuhan, sekitar sembilan kilometer," jelasnya.

Pihaknya akan terus mendukung segala upaya dari pemkab untuk memperlancar operasional Pelabuhan Teluk Segintung, guna memacu pertumbuhan ekonomi di daerah.