Potensi wisata kuliner Kotim sangat menjanjikan

id Potensi wisata kuliner Kotim sangat menjanjikan,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit,Pariwisata,Citimall,Bupati Kotim,Supian Hadi

Potensi wisata kuliner Kotim sangat menjanjikan

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi memukul gong menandai dibukanya Bakul Festival 2019, Jumat (27/9/2019) malam. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Wisata kuliner menjadi bagian daya tarik sekaligus potensi besar pariwisata yang harus dioptimalkan oleh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.

"Kita lihat saja sekarang ini rumah makan berbagai macam jenis bermunculan, khususnya di Kota Sampit. Ini menunjukkan bahwa potensinya besar dan pangsa pasarnya memang ada. Ini sebuah peluang yang harus kita optimalkan," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Jumat malam.

Supian Hadi bersama Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor hadir membuka Bakul Festival 2019 yang digelar di area parkir Citimall Sampit. Festival yang dilaksanakan selama sepuluh hari ini mengusung menu kuliner nusantara.

Supian mengapresiasi kegiatan yang sudah digelar empat tahun berturut-turut itu. Selain memberikan kesempatan bagi pelaku usaha kuliner untuk mendapatkan keuntungan, Bakul Festival juga menjadi agenda rutin yang sangat mendukung sektor pariwisata Kotawaringin Timur, khususnya wisata kuliner.

Meski menu yang disajikan pada festival makanan dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia menyuguhkan sajian kuliner dari berbagai daerah di Indonesia, namun menu makanan lokal juga ditampilkan dan disambut antusias pengunjung atau pembeli.

Banyaknya pelaku usaha kuliner yang berpartisipasi dan masyarakat yang datang membeli, menunjukkan wisata kuliner sangat diminati dan memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan dalam mendukung sektor pariwisata sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Saya sudah meminta seluruh instansi terkait untuk membina pelaku usaha mikro kecil dan menengah, termasuk di bidang kuliner agar mereka maju dan berkembang sehingga mampu mandiri. Ini tentu akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat," kata Supian.

General Manager Citimall Sampit Yus Arie Andrianto menyebutkan, 24 pedagang yang menyuguhkan beragam kuliner nusantara seperti ketoprak, sate, kerak telor, soto, aneka jajanan dan lainnya

“Bakul Festival setiap tahunnya kami hadirkan untuk membawa kuliner nusantara dalam nuansa yang berbeda sehingga semakin bisa dinikmati oleh banyak orang," kata Yus Arie.

Dia berharap setiap tahun semakin banyak pengusaha kuliner yang bergabung dalam acara Bakul Festival sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap wisata kuliner yang lezat dan nyaman.

Bakul Festival tahun ini digelar lebih spesial dan lebih meriah sebagai bentuk partisipasi dalam Wonderful Indonesia Culinary Festival. Selama kegiatan berlangsung, pengunjung dapat menikmati aneka ragam kuliner sambil dihibur penampilan menarik seperti pertunjukan musik akustik, musik tradisional, tari, lari, lomba tari tradisional, dance dan pop song.