Layanan keuangan Giro Mobile dari Kantor Pos

id Kantor pos, keuangan giro mobile, uang elektronik

Layanan keuangan Giro Mobile dari Kantor Pos

Peluncuran Pos Giro Mobile di Kantor Pos Cabang Jambi. Melalui pos giro mobile, kantor pos dekatkan layanan ke masyarakat. (Antara/HO/Ist)

Jambi (ANTARA) - Kantor Pos meluncurkan pelayanan keuangan Giro Mobile yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk pembayaran melalui telepon pintar dengan platform android, kata Manajer Pelayanan Kantor Pos cabang Jambi, Silver.

“Secara serentak se-Indonesia kita telah meluncurkan aplikasi pos giro mobile, yakni layanan keuangan di kantor pos berbasis rekening,” kata Silver di Jambi, Minggu.

Aplikasi pos giro mobile tersebut dapat di-instalmasyarakat dari playstore pada handphoneandroid. Setelah diinstal masyarakat dapat melakukan registrasi, setelah dilakukan registrasi selanjutnya melakukan aktivasi, jika berhasil maka akan keluar nomor rekening giro mobile-nya.

Dengan nomor rekening giro mobile tersebut, masyarakat dapat memanfaatkan pos giro mobile  untuk melakukan pembayaran yang dilayani di kantor pos, seperti tagihan bulanan rekening listrik, telepon, televisi kabel dan tagihan-tagihan kredit lainnya seperti kredit kendaraan bermotor dan elektronik melalui FIF, Adira dan lainnya.
 
“Untuk finance atau tagihan bulanan, ada sekitar 400 mitra yang dapat dibayarkan melalui pos giro mobile tersebut,” kata Silver.

Selain itu, melalui pos giro mobile tersebut, masyarakat juga dapat melakukan pembelian pulsa telepon, dan melakukan pengiriman uang kepada sesama pengguna pos giro mobile.

Uang yang dikirim atau ditransfer melalui pos giro mobile tersebut dapat diambil di kantor pos dan bank-bank mitra seperti Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan bank lainnya.

Pos giro mobile tersebut dapat dimanfaatkan jika masyarakat telah melakukan penyimpanan uang elektronik ke aplikasi tersebut, dengan cara melakukan deposit melalui kantor pos.

Dijelaskan Silver, aplikasi pos giro mobile tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan layanan kantor pos ke masyarakat. Dengan aplikasi tersebut layanan masyarakat berada di dalam genggaman.

Pos giro mobile tersebut, lanjut dia, tidak dapat dimanfaatkan untuk layanan pengiriman paket, karena aplikasi tersebut hanya untuk layanan transaksi keuangan atau berbasis keuangan.

Namun masyarakat dapat memanfaatkan agen pos. Melalui agen pos tersebut masyarakat dapat memanfaatkan jasa pengiriman paket tanpa harus datang ke kantor pos, karena akan ada petugas kantor yang akan datang ke alamat masyarakat untuk mengambil paket dan mengirimkannya melalui pos.

“Dengan aplikasi ini harapannya akan meningkatkan citra kantor pos dan masyarakat akan semakin diuntungkan dengan kemudahan yang diberikan kantor pos,” kata Silver.

Pada peluncuran pos giro mobile tersebut, kantor Pos Cabang Jambi turut melakukan deposit awal kepada masyarakat secara gratis dengan nilai deposit Rp20 ribu per orang. Ada sekitar 200 orang yang mendapatkan deposit tersebut.