Bupati Gumas ajak generasi muda amalkan nilai-nilai Pancasila

id Bupati Gunung Mas,Jaya S Monong,Bupati Gumas ajak generasi muda amalkan nilai-nilai Pancasila

Bupati Gumas ajak generasi muda amalkan nilai-nilai Pancasila

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman kantor bupati setempat, Selasa (1/9/2019). (ANTARA/HO-Setda Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengajak masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Secara khusus, generasi muda harus dapat menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kata Jaya usai memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kuala Kurun, Selasa.

“Selama ini pengamalan nilai-nilai Pancasila di Kabupaten Gunung Mas sangat baik sekali. Toleransi juga sangat tinggi,” ucap orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu.

Diapun meminta masyarakat Kabupaten Gumas agar menjadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk mempelajari kembali arti Pancasila, serta menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda.

Ketua sementara DPRD Kabupaten Gumas Gumer mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk melakukan introspeksi diri dan mengingat kembali nilai-nilai Pancasila, serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengatakan, Pancasila merupakan dasar negara dan sudah mengakar dengan sangat kuat di masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat di Kabupaten Gumas.

“Orangtua saya minta untuk menanamkan nilai Pancasila sejak dini kepada anak,” kata legislator yang berasal dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu ini.

Legislator yang telah terpilih sebanyak tiga kali berturut-turut ini mengingatkan, penanaman nilai-nilai Pancasila kepada anak merupakan tugas dan tanggungjawab seluruh pihak, termasuk masyarakat dalam hal ini orangtua.

Dia yakin, jika nilai-nilai Pancasila diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh pihak, maka segala permasalahan berbangsa dan bernegara dapat teratasi dan terselesaikan dengan baik.

“Oleh sebab itu, kita semua harus menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini kepada generasi muda, agar kelak mereka dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” demikian Gumer.