Pemkab luncurkan dashboard pelaporan keuangan daerah

id peluncuran pelaporan keuangan daerah barito utara,bupati barut nadalsyah,bpkp kalteng,lapor batara,dashboard pelapaoran keuangan daerah

Pemkab luncurkan dashboard pelaporan keuangan daerah

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan sambutan pada peluncuran Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah, E-Agenda dan Lapor Batara, di Muara Teweh, Selasa (1/10/2019).(ANTARA/Dokumen pribadi)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) setempat melaksanakan peluncuran Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah, E-Agenda dan Lapor Batara oleh Bupati H Nadalsyah di Muara Teweh, Selasa.

Peluncuran dashboard pelaporan keuangan daerah, e-agenda dan lapor batara ini juga dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kalteng Setia Pria Husada, Sekda H Jainal Abidin, kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara.

Bupati Nadalsyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Diskominfosandi Barito Utara yang telah bekerja keras dalam terlaksananya kegiatan launching dashboard pelaporan keuangan daerah ini, juga akan di lauching dua aplikasi yang akan pemerintah kabupaten barito utara gunakan sebagai media komunikasi yaitu e-agenda dan lapor batara.

"Diskominfosandi memiliki peranan yang sangat penting dalam melaksanakan tugasnya terkait dengan teknologi pada masa sekarang ini. Hal ini dapat dilihat dalam mewujudkan penyajian informasi yang terbuka dan transparan bagi unsur pimpinan dengan dibangunnya dashboard pelaporan keuangan daerah bersama BPKP Perwakilan Kalteng," katanya.

Nadalsyah juga berharap dashboard pelaporan keuangan daerah ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan Kabupaten Barito Utara dalam kebijakan keuangan daerah serta pemantauan, pengendalian dan keuangan daerah demi terciptanya pembangunan yang terarah.

Dia mengatakan,  pembangunan sistem ini yaitu dashboard pelaporan keuangan daerah merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang dilakukan Pemkab Barito Utara dalam meberikan informasi yang transparan, efisien dan akurat serta penyajian informasi tersebut sangat mudah karena telah berbasis elektronik dengan didukung dengan jaringan yang baik.

Hal ini, kata dia, sejalan dengan Perpres nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik walaupun dalam perjalanannya masih banyak item-item yang harus disempurnakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang diperlukan.

"Namun ini sudah menunjukkan itikad dan kepatuhan Pemkab Barito Utara dalam menjalankan dan melaksanakan transparasi laporan keuangan berbasis teknologi. Saya selaku kepala daerah akan terus mendorong dan mendukung inovasi peningkatan e-government yang baik dan bermanfaat bagi pembangunan Kabupaten Barito Utara," kata dia.

Bupati  mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang bersedia meluangkan waktunya untuk hadir mengikuti launching dashboard pelaporan keuangan daerah, e-agenda dan lapor batara.

"Saya berharap kegiatan ini bermanfaat dan mendapatkan dampak positif sesuai dengan yang direncanakan dan memberikan arah yang baik dalam pembangunan Kabupaten Barito Utara," ujarnya.