Informasi penerimaan CPNS 2019 Pemprov Kalteng belum lengkap

id Bkd, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, penerimaan, cpns, asn, pns, p3k, tenaga honorer, pegawai negeri sipil, pengumuman, formasi, kuota, rak

Informasi penerimaan CPNS 2019 Pemprov Kalteng belum lengkap

Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Tengah Suhufi Ibrahim saat diwawancarai terkait penerimaan CPNS tahun 2019, Palangka Raya, Selasa, (1/10/2019). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Tengah Suhufi Ibrahim menjelaskan, informasi yang diberikan pemerintah pusat terkait penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih belum lengkap.

"Kami baru saja mengikuti rapat koordinasi nasional kepegawaian, namun pada saat itu informasi yang diberikan pemerintah pusat tentang penerimaan CPNS belumlah lengkap," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Pemerintah pusat hanya menginformasikan mengenai kebijakan penerimaan CPNS tahun 2019 rencananya dimulai pada pertengahan Oktober yang dimulai dengan tahapan pemberitahuan atau pengumuman terlebih dulu.

Kemudian pada November, tepatnya dimulai pertengahan bulan dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya dimulai dari pendaftaran, seleksi hingga pada akhirnya pengumuman dan lainnya yang diperkirakan berakhir pada Maret 2020.

"Peserta yang berhasil nantinya direncanakan terhitung mulai tanggal (TMT) masuk pada 1 April 2020. Namun mekanisme detailnya belum diketahui dan BKD seluruh Indonesia masih menunggu informasi selanjutnya," jelasnya.

Sementara itu untuk formasi penerimaan CPNS yang disetujui untuk pemprov juga belum diberitahukan oleh pemerintah pusat kepada pihaknya. Hanya saja secara nasional, penerimaan masih akan didominasi guru, kemudian tenaga kesehatan dan teknis fungsional serta teknis lainnya.

Jumlah keseluruhan formasi pada penerimaan CPNS tahun 2019 se-Indonesia yakni 197.111 formasi, terdiri dari pusat 37.854 dan daerah 159.257. Sehingga untuk kuota penerimaan pemprov masuk pada kategori daerah tersebut.

"Meski detail formasinya belum, namun dengan adanya gambaran mengenai waktu pelaksanaannya tersebut, para calon pendaftar bisa mulai mempersiapkan diri termasuk kelengkapan berkas yang biasa diperlukan saat pendaftaran," tuturnya.

Kemudian untuk penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) juga direncanakan tak jauh berbeda dengan penerimaan CPNS, namun jadwalnya belum diinformasikan apakah bersamaan atau terpisah.

"Meski belum ada kepastian, namun kami memperkirakan penerimaan P3K juga tak akan jauh berbeda dengan CPNS nantinya," terangnya.