Puskesmas Lanjas gelar lokakarya mini lintas sektoral

id lokakarya puskesmas lanjas,puskesmas lanjas,kecamatan teweh tengah,lokakarya lintas sektor

Puskesmas Lanjas gelar lokakarya mini lintas sektoral

Peserta lokakarya mini lintas sektoral UPTD Puskesmas Lanjas foto bersama Camat Teweh Tengah H Mastur usai pembukaan lokakarya minidi aula Kecamatan di Muara Teweh, Rabu (2/10/2019).(ANTARA/Dokumen pribadi)

Muara Teweh (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Lanjas Muara Teweh, Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara  menggelar lokakarya mini lintas sektoral, di aula kantor Kecamatan Teweh Tengah di Muara Teweh, Rabu.

Kegiatan ini dihadiri Camat Teweh Tengah H Mastur, mewakili Kepala Dinas Kesehatan, Kapolsek Teweh Tengah, Kepala UPTD Puskesmas Lanjas, Lurah Lanjas, Ketua RT, tokoh masyarakat dan peserta lokakarya mini.

Camat Teweh Tengah H Mastur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan lokakarya mini lintas sektoral ini oleh UPTD Puskesmas Lanjas.

"Diharapkan lokakarya mini lintas sektoral yang kita laksanakan ini bisa mengambil suatu manfaat dan yang terpenting lagi bisa kita laksanakan bersama-sama, terutama saat disampaikan program-progtam atau progres yang akan dilaksanakan puskesmas Lanjas," katanya.

Menurut dia, program-progtam atau progres yang sudah disosialisasikan ini disusun dengan baik, sehingga nantinya program atau progres yang disampaikan ini bisa efektif dan efesien.

"Artinya program itu apa yang dibutuhkan sekarang. Yang akan dihadapi Puskesmas Lanjas, yang akan kita laksanakan bersama seluruh lintas sektoral. Setelah itu baru kita sampaikan program yang akan datang," kata dia.

Karena kita yakin katanya, bidang pembangunan pemberdayaan kesehatan masyarakat ini tidak bisa kita dilaksanakan atau dikerjakan secara sendiri-sendiri. 

"Oleh sebab itu, program bidang kesehatan melalui UPTD Puskesmas mencoba melalui lintas sektoral untuk bersama-sama bersepakat, bekomitmen apa yang bisa dan segera untuk kita capai bersama dalam rangka pencapaian kesehatan masyarakat," kata Mastur

Sementara Plt Kadis Kesehatan Siswandoyo melalui Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Eny Franziah mengatakan membangun kesehatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja dalam hal ini Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas saja, akan tetapi merupakan tanggung jawab kita semua.

"Masalah kesehatan ini merupakan tanggungjawab kita semua. Jadi masalah kesehatan ini memiliki relasi dan dampak besar di semua sektor seperti sektor ekonomi, pendidikan, sosial dan lainnya. Hal ini tidak akan berjalan jika tanpa ada dukungan semua pihak," ujar Eny Franziah.    

Panitia pelaksana lokakarya mini lintas sektoral dr Surya Andi NS mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mendapatkan kesepakatan rencana kerja lintas sektoral dalam membina dan mengembangkan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.