Puluhan pelatih pramuka Kalteng ikuti Pitaran

id Puluhan pelatih pramuka Kalteng ikuti Pitaran,Yulistra Ivo,Pramuka,Kalteng

Puluhan pelatih pramuka Kalteng ikuti Pitaran

Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran (kiri) berfoto bersama salah satu pemilik rumah makan yang ada di Palangka Raya usai menggelar rapat kegiatan Pitaran dan Pesta Siaga, Kamis (3/10/2019). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Puluhan pembina pelatih pramuka di Provinsi Kalimantan Tengah segera mengikuti kegiatan Pitaran Pelatih Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka provinsi setempat.

"Kegiatan ini segera dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau pada 11-13 Oktober 2019 dan yang sudah mengikuti sekarang ini sekitar 58 orang pelatih pramuka," kata Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Ivo menjelaskan, tujuan pelatihan Pitaran tersebut tidak lain untuk menyamakan persepsi mengenai ilmu-ilmu tentang kepramukaan. Selain itu, juga melakukan penyegaran kepada para pelatih yang sudah lama mendapatkan pelajaran tentang pramuka.

Hal ini dilakukan juga bertujuan memberitahukan, apakah ada perubahan terkait aturan atau undang-undang baru sehingga para pelatih dapat menerima hal-hal baru dalam pelatihan Pitaran yang dilaksanakan selama tiga hari itu.

"Untuk pelatihnya nantinya akan kami datangkan langsung dari Kwartir Nasional. Saat ini pihak panitia masih melakukan komunikasi dengan pihak Kwartir Nasional Pusat," katanya.

Selain kegiatan Pitaran dalam waktu dekat ini Kwarda Provinsi Kalteng juga menggelar kegiatan pesta siaga di Kota Palangka Raya yang rencananya akan dipusatkan di halaman kantor gubernur.

Dalam kegiatan tersebut, pesertanya adalah peserta didik yang menimba ilmu di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

"Kegiatan itu nanti bersifat permainan yang tujuannya mengedukasi para peserta dalam bentuk permainan," ucap istri Gubernur Kalteng itu.

Ivo yang juga menjabat sebagai Ketua PKK Provinsi Kalteng itu menambahkan, selain anak-anak yang nantinya akan mengikuti kegiatan tersebut, para orangtua murid yang ikut mendampingi anak-anaknya dalam pesta siaga nantinya, juga mendapatkan ilmu tentang pentingnya mengonsumsi ikan, minum air putih demi kesehatan dan bagaimana menghindari bahaya stunting terhadap anak.

"Jadi dalam pesta siaga itu nanti tidak hanya peserta didik saja yang diberikan ilmu untuk mereka, melainkan para orangtua yang mendampingi dalam kegiatan itu juga diberikan edukasi berbagai ilmu tentang berbagai pengetahuan bermanfaat," demikian Ivo.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar