Kaltim datangkan dua ribu sapi Australia jenis 'Brahman Cross'

id Kaltim, dua ribu sapi Australia,sapi jenis 'Brahman Cross,Pelabuhan Banuo Taka Penajam Paser Utara

Kaltim datangkan dua ribu sapi Australia jenis 'Brahman Cross'

Proses pengandangan sapi Australia. (ANTARA/Damiri)

Samarinda (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Timur mendatangkan sebanyak dua ribu ekor sapi asal Australia, dalam rangka memenuhi kebutuhan daging untuk masyarakat wilayah setempat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim, Dadang Sudarya, kepada awak media di Samarinda, Kamis, mengatakan sapi impor tersebut berjenis Brahman Cross yang didatangkan oleh perusahaan PT Agro Menara Rachmat (AMR).

Dadang menjelaskan bahwa ribuan sapi potong tersebut didatangkan menggunakan kapal pengangkut dan sandar di Pelabuhan Banuo Taka Penajam Paser Utara.

"Alhamdulillah, Rabu malam (2/10) telah datang sapi milik perusahaan jenis Brahman Cross dari Australia melalui jalur laut ," kata Dadang Sudarya.

Dadang menambahkan saat ini sapi yang didatangkan sedang dalam proses bongkar muat, termasuk proses audit (pemeriksaan kesehatan dan jumlah) dari Karantina, Bea Cukai dan KKP Semayang.

Menurut dia, pengapalan sapi ini merupakan yang kedua. Sebelumnya, sudah didatangkan sebanyak 1.691 ekor sapi pada 3 Mei lalu.

"Sapi yang didatangkan ini untuk program penggemukan dan didistribusikan ke rumah potong hewan (RPH) di Kaltim. Dengan tujuan untuk konsumsi masyarakat," jelasnya.

Kedatangan sapi ini diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan dan kestabilan harga daging di daerah.

Dengan demikian, Kaltim tidak terjadi kekurangan pasokan sebab stok (ketersediaan) mencukupi bahkan melebihi kebutuhan.

Oleh karena itu, saat pemeriksaan dari Badan Karantina dan instansi terkait diharapkan ternak sapi tersebut dalam keadaan sehat dan lengkap.

"Kita harapkan semakin banyak investor-investor lain yang bergerak di bidang peternakan di Kaltim," tambah dia.

Dadang mengatakan selama proses penggemukan pemeliharaan sapi-sapi dilakukan melalui pengembangan integrasi sawit sapi oleh PT AMR dengan PT Waru Kaltim Plantation.