Panitia pilkades serentak Lamandau berwenang menolak sanggahan

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, pilkades serentak, kepala desa, sanggahan, pemilu, pesta demokrasi

Panitia pilkades serentak Lamandau berwenang menolak sanggahan

Bupati Lamandau Hendra Lesmana meninjau pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 di sejumlah desa, Rabu (2/10/2019). (ANTARA/Ho-Humas Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap tiga tahun 2019 yang dilaksanakan di 27 desa di delapan kecamatan se-Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah telah selesai digelar.

"Alhamdulillah, pilkades berjalan aman dan lancar. Saya harap calon kepala desa terpilih adalah calon pemimpin yang kreatif dan memiliki banyak inovasi dalam membangun desa," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Jumat.

Hendra menyebut, saat ini Lamandau membutuhkan para pemimpin yang mampu berkreasi dan berinovasi, baik di bidang ekonomi, infrastruktur, maupun sumber daya manusia (SDM) setempat.

Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (DPMD) Lamandau Muriadi menambahkan, pelaksanaan pilkades serentak, telah selesai dilaksanakan. Meliputi seluruh tahapan, termasuk pemungutan suara yang berjalan baik dan kondusif.

"Berita acara hasil pemungutan suara, juga telah ditandatangani oleh seluruh calon kepala desa yang menjadi peserta," ungkapnya.

Walau begitu sesuai peraturan bupati, para calon kepala desa diberikan hak sanggah, sesuai amanah perbup dengan waktu sanggah atau keberatan diberikan selama tiga hari, terhitung sejak sehari usai pilkades dilaksanakan.

Apabila dalam waktu tiga hari yang ditentukan, ternyata tidak ada sanggahan atau keberatan dari peserta, maka semuanya dianggap menerima hasil penghitungan suara yang telah selesai dilaksanakan.

"Jika setelah tiga hari kemudian ada sanggahan maka panitia pengawas akan menolaknya," ungkapnya.

Sanggahan dari peserta ditujukan kepada panitia pengawas pilkades tingkat desa terlebih dulu, baru kemudian diserahkan ke DPMD untuk ditindaklanjuti. Namun sejauh ini belum ada laporan tentang sanggahan keberatan terhadap hasil pemungutan suara.

Sementara itu, data sementara hasil pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 di Lamandau adalah sebagai berikut. Untuk Kecamatan Bulik, pemilihan di Desa Guci calon kepala desa terpilih Isharyanto dengan 54 suara dan Desa Kujan calon kepala desa terpilih Ronny Sanjaya dengan 592 suara.

Desa Beruta calon kepala desa terpilih Pujiono dengan 216 suara, Desa Sumber Mulya calaon kepala desa terpilih Sefulloh dengan 434 suara, Desa Bukit Indah calon kades terpilih adalah Wihelmus Wula dengan 291 suara dan Desa Arga Mulya calon kades terpilih adalah Muhammad Yasir dengan 270 suara.

Kemudian untuk Kecamatan Bulik Timur, Desa Nanga Koring calon kepala desa terpilih Besi dengan 89 suara, Desa Suka Maju calon kepala desa terpilih Dasmin dengan 256 suara.

"Dilanjutkan Kecamatan Sematu Jaya di Desa Tritunggal calon kepala desa terpilih Sutarman dengan 431 suara, Desa Wonorejo calon kepala desa terpilih Muhammad Ghufrar dengan 577 suara," tuturnya.

Kecamatan Lamandau, yaitu Desa Sungai Tuat, dua calon kepala desa mendapatkan perolehan suara yang sama, yaitu Rub Setiawan dan Bromeos Gatot yang masing- masing memeroleh 87 suara.

Desa Tanjung Beringin calon kepala desa terpilih Unang dengan 135 suara, Desa Kawa calon kepala desa terpilih Sadar dengan 84 suara, Desa Penopa calon kepala desa terpilih Mudelin 132 suara serta Desa Suja calon kepala desa terpilih Sandang 173 suara.

"Kemudian Desa Bakonsu calon kades terpilih adalah Pance 227 suara dan Kecamatan Batang Kawa Desa Jemuat calon kades terpilih Kandar 95 suara," jelasnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan Kecamatan Menthobi Raya, Desa Batu Ampar calon kepala desa terpilih adalah Matius Kukuy 104 suara, Desa Modang Mas calon kepala desa Guntjarmar 324 suara dan Desa Bukit Raya calon kepala desa terpilih Karman 781 suara.

Desa Mukti Manunggal calon kepala desa terpilih Tugiman 383 suara, Desa Sumber Jaya calon kepala desa Maulana B Rahayu 235 suara dan Desa Bukit Haru calon kepala desa terpilih adalah Panggung Suritno 472 suara.

"Kecamatan Delang, Desa Riam Panahan calon kepala desa terpilih Masi 101 suara, Desa Sekombulan calon kepala desa terpilih Berotos 237 suara," ungkapnya.

Selanjutnya Kecamatan Belantikan Raya Desa Sumber Cahaya calon kepala desa terpilih Yohanes Eman 237 suara, serta Desa Petarikan calon kepala desa terpilih Karianto dengan 102 suara.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar