Korban gempa di Ambon dijamin peroleh bantuan dari pemerintah

id Gempa Ambon,Ambon, Korban gempa di Ambon dijamin peroleh bantuan dari pemerintah,bantuan pemerintah,Gumiwang Kartasasmita

Korban gempa di Ambon dijamin peroleh bantuan dari pemerintah

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita usai melantik pejabat Kemensos di Jakarta, Jumat (4/10/2019). (ANTARA/Desi Purnamawati)

Desi Purnamawati (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menjamin semua korban gempa bumi Ambon Provinsi Maluku termasuk yang tidak terdampak tapi turut mengungsi karena khawatir gempa susulan, mendapatkan bantuan.

"Iya, bantuan permakanan, dapur umum sampai sekarang masih ada," kata Mensos di Jakarta, Jumat.

Mensos mengatakan, pengungsi gempa Ambon tidak semuanya terdampak gempa, tapi ada sebagian masyarakat yang memiliki kekhawatiran dan takut terjadi gempa susulan.

Mereka ini yang malam hari mengungsi ke pengungsian, sehingga jika dilihat jumlah pengungsi masih banyak.

"Sebenarnya manusiawi saja mereka masih takut dan khawatir. Mereka mengungsi malam hari sebetulnya rumah mereka tidak terdampak gempa. Nah ini yang membuat persepsi pengungsi masih banyak," katanya.

Untuk itu pemerintah dan pihak terkait terus melakukan sosialisasi bahwa gempa susulan meski masih terjadi tapi dengan kekuatan yang semakin mengecil.

Pemerintah juga telah mendistribusikan bantuan termasuk untuk daerah terdampak gempa Ambon yang sulit dijangkau karena keterbatasan akses.

"Kalau disana sini ada laporan yang belum tersentuh bantuan itu pada kenyataannya memang sulit dijangkau. Kita tahu akses disana sulit tapi kami jamin bantuan akan didistribusikan walau kami akui sedikit terlambat," tambah Agus Gumiwang.