Distribusi air PDAM di Barsel terganggu, ini penyebabnya

id PDAM Barsel,barito selatan,distribusi air pdam,Plt Direktur PDAM Tirta Barsel,Armadi

Distribusi air PDAM di Barsel terganggu, ini penyebabnya

Plt Direktur PDAM Tirta Barsel Armadi berfoto bersama istri didepan stand PDAM pada saat Barsel Expo beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Facebook Armadi).

Buntok (ANTARA) - Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah,  sedang melakukan pembersihan jaringan sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Pembersihan tersebut dimulai dengan pengurasan lumpur yang berada di bak penampungan atau reservoar, kata Plt Direktur PDAM Tirta Barsel Armadi di Buntok, Jumat.

"Tapi, pengurasan itu membuat distribusi air bersih ke pelanggan di kota Buntok menjadi terganggu beberapa hari ini kedepan. Kami berharap pelanggan bisa memakluminya," tambah dia.

Dikatakan, pada saat dilakukan pengurasan terhadap penampungan, mesin dimatikan selama kurang lebih 11 jam. Begitu air diisi kembali pada bak penampungan, maka air dari dalam penampungan itu memerlukan waktu hingga satu minggu pemulihan normalnya distribusi air kepada pelanggan.

Armadi mengatakan terganggunya distribusi air selama beberapa hari itulah yang menjadi keluhan sejumlah warga melalui grup media sosial facebook. Untuk itu, masyarakat memaklumi kondisi tersebut karena apabila mesin atau listrik padam, maka memerlukan waktu 3 sampai 4 hari untuk memulihkan normalnya distribusi air kepada pelanggan.

"Langkah yang lakukan pihaknya ini dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan supaya distribusi air bersih kepada pelanggan ke depan bisa terus lancar.

Terbukti setelah bak penampungan itu dikuras, suplai air bersih yang sebelumnya kurang lancar yang sering dikeluhkan pelanggan di Jalan Ibunda, dan Jalan Kartini, serta di kelurahan Jelapat, kini sudah mengalir dengan lancar sejak dua hari terakhir ini.

Meskipun demikian, ia masih mengkhawatirkan kondisi air yang didistribusikan kepada pelanggan keruh, dan itu akibat kencangnya dorongan air dari pompa menuju ke pipa distribusi yang jarang dibersihkan.

"Supaya air yang disalurkan kepada pelanggan nantinya tidak keruh lanjut dia, pihaknya berencana akan melakukan wash out atau pembersihan plok-plok yang ada pada pipa," kata Armadi.

Pembersihan plok pada pipa distribusi ke pelanggan itu rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Jadwal pembersihannya di sejumlah titik dilaksanakan pada malam hari pukul 24.00 WIB, dan pembersihan pada malam hari itu dilakukan supaya tidak menggangu distribusi air kepada pelanggan disiang harinya.

Baca juga: TMMD tingkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong di Barsel

Selain itu, ia juga mengharapkan kepada masyarakat, apabila ada keluhan, datanglah ke PDAM Tirta Barsel dengan membawa nomor sambungnya, sehingga pihaknya bisa bertindak cepat dalam menangani keluhan tersebut.

Dan apabila di pemukiman itu, ada permasalahan kondisi jaringan yang menyebabkan distribusi airnya tidak sampai, akan menugaskan staff membawa air menggunakan mobil tangki ke pemukiman tersebut.

"Itu sudah kami lakukan kepada warga yang berada di Jelapat ujung. Tentu bisa juga kami lakukan di perkotaan Buntok," demikian Armadi.

Baca juga: Bupati Barsel pantau pemungutan suara pilkades di sejumlah desa

Baca juga: TMMD Barsel bangun infrastruktur Desa Bintang Ara-Malungai Raya

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar