Gubernur tinjau kondisi jalan Sukamara-Lamandau-Seruyan

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, sugianto sabran, pemkab seruyan, kuala pembuang, rantau pulut, tumbang manjul, sukamara, lamandau, kotawa

Gubernur tinjau kondisi jalan Sukamara-Lamandau-Seruyan

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meninjau jalan Rantau Pulut, Seruyan Tengah-Tumbang Manjul, Seruyan Hulu, Sabtu, (5/10/2019). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Tumbang Manjul, Seruyan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran beserta jajaran, meninjau kondisi infrastruktur di sejumlah kabupaten, meliputi Sukamara, Lamandau serta Seruyan.

"Usai menghadiri hari jadi Kabupaten Kotawaringin Barat, kami melanjutkan perjalanan menuju Sukamara, Lamandau hingga akhirnya Seruyan," kata Sugianto di Tumbang Manjul, Seruyan, Minggu.

Sugianto menjelaskan, pihaknya melakukan perjalanan melalui jalur darat guna meninjau kondisi infrastruktur jalan pada sejumlah kabupaten tersebut.

Pihaknya ingin melakukan kajian sekaligus memetakan jalan, serta konektivitas antar masing-masing wilayah. Tujuannya agar akses jalan bagi masyarakat mudah dilalui, serta mendorong pengembangan perekonomian mereka.

"Untuk saat ini kondisinya memang belum maksimal, makanya kami tinjau guna melakukan kajian dan pemetaan agar konektivitas yang kami maksud benar-benar terealisasi," terangnya.


 
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Bupati Seruyan Yulhaidir saat berinteraksi dengan warga di tengah perjalanannya menuju Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan, Sabtu, (5/10/2019). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Nantinya hasil kunjungan kerja yang dilakukan tersebut, akan dibahas bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) guna menentukan rencana pembangunan kedepannya.

Tentunya dengan melibatkan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi. Untuk itu dalam kegiatan peninjauan yang sedang dilakukan tersebut, pihaknya juga didampingi para kepala OPD.

Diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tingkat provinsi.

"Pada tinjauan masing-masing kabupaten kami didampingi pemerintah daerah setempat, termasuk di Seruyan saat ini. Kami juga didampingi Bupati Seruyan Yulhaidir beserta jajaran," ungkapnya kepada ANTARA.

Selain meninjau kondisi jalan, pihaknya juga ingin melihat kondisi masyarakat secara langsung, utamanya yang berada di wilayah pelosok. Baik dari sektor pendidikan, kesehatan serta ekonomi dalam arti luas.

Dalam perjalanannya tersebut, Sugianto juga menyempatkan mampir di sejumlah desa dan berinteraksi dengan warga, guna mengetahui kondisi mereka, sekaligus apa saja yang menjadi kebutuhan utama.

"Kami ingin pembangunan di Kalteng benar-benar bisa dilakukan secara merata, tidak hanya di perkotaan tapi juga menjangkau pelosok perdesaan. Makanya kami melakukan perjalanan ini," tegasnya.