Warga Tumbang Manjul harapkan bantuan pemerintah atasi masalah ekonomi

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, seruyan, tumbang manjul, seruyan hulu, desa terpencil, pelosok, bantuan, ilegal, pertanian, perkebunan

Warga Tumbang Manjul harapkan bantuan pemerintah atasi masalah ekonomi

Suasana di Desa Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan baru-baru ini. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Tumbang Manjul, Seruyan (ANTARA) - Warga Desa Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah daerah untuk bisa mengatasi masalah ekonomi yang mereka hadapi.

"Kami berharap adanya bantuan pemda, berupa program maupun kegiatan untuk bisa mendorong peningkatan perekonomian disini," kata Yulianto salah seorang tokoh masyarakat di Tumbang Manjul, Selasa.

Menurutnya, banyak warga di daerah itu mengalami kesulitan ekonomi, sebab pekerjaan yang umumnya bisa dilakukan sejak dulu, nyatanya berbenturan dengan aturan yang berlaku.

Akibatnya pekerjaan tersebut pun tidak bisa dilakukan karena ilegal, diantaranya seperti menebang kayu, menambang hingga membuka lahan dengan cara dibakar.

"Kami tidak masalah jika memang kegiatan itu dilarang, namun tentunya warga berharap, agar pemerintah tidak hanya bisa melarang saja, tetapi juga memberikan solusi bagi kami untuk bisa bekerja secara legal," tuturnya.

Pria paruh baya itu juga mengungkapkan, salah satu potensi yang ada di Tumbang Manjul namun belum dimaksimalkan, diantaranya banyaknya lahan tidur yang masih tidak dikelola dengan baik.

Kesulitan warga tentunya terkait masalah permodalan dan kendala teknis lainnya, untuk itu pihaknya pun berharap adanya bantuan dari pemerintah dalam mengatasi masalah tersebut.

"Hal-hal seperti inilah yang kami harapkan bisa menjadi perhatian pemerintah daerah, agar nantinya bisa ditindaklanjuti dan diberikannya dukungan serta bantuan bagi kami warga Tumbang Manjul," ungkap Yulianto.

Apabila pemerintah bisa menyediakan bibit atau pun pupuk serta dukungan lainnya, tentu pihaknya siap mengembangkan usaha di bidang pertanian maupun perkebunan di lahan-lahan tidur yang masih ada tersebut.

Untuk itu, pihaknya sangat berharap agar pemerintah daerah bisa memerhatikan masalah itu melalui organisasi perangkat daerah (OPD) yang dimiliki. Agar pembangunan yang dilaksanakan, benar-benar merata hingga ke pelosok perdesaan di Kalteng.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar