Tokoh agama di Barito Timur diharapkan jadi teladan toleransi beragama

id Tokoh agama di Barito Timur diharapkan jadi teladan toleransi beragama,Agama,Bartim,FKUB

Tokoh agama di Barito Timur diharapkan jadi teladan toleransi beragama

Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh berfoto bersama usai rapat kordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bartim di aula Dinas Pertanian di Tamiang Layang, Senin (7/10/2019). ANTARA/HO-Pemkab Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh Al Qadry meminta seluruh tokoh beragama di daerah itu menjadi teladan toleransi dalam kehidupan sosial beragama agar kerukunan selalu terjaga dengan baik.

"Contoh yang diberikan tokoh agama dalam toleransi beragama sangat penting. Terlebih lagi hingga ke lapisan masyarakat paling bawah agar terhindar dari berbagai konflik antar umat beragama," kata Habib Saleh usai rapat kordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bartim di Aula Dinas Pertanian di Tamiang Layang, Senin.

Habib Saleh mengakui, saat ini masyarakat di Kabupaten Barito Timur hidup rukun, damai dan tenteram walaupun hidup dalam keberagaman.
Peluang besar untuk menciptakan umat beragama tetap rukun dan damai ada pada FKUB Barito Timur yang menjadi wadah berkumpulnya para tokoh-tokoh agama.

Untuk itu, peranan FKUB Barito Timur menjadi sarana media untuk menjaga kerukunan internal maupun antar umat beragama perlu penguatan.

Jika ada isu-isu negatif yang bisa menjadi pemicu atau munculnya konflik beragama di tengah masyarakat, maka FKUB Barito Timur bisa mencegah dan mengantisipasi dampak yang timbul.

"Segera mencari solusi sehingga bisa menjadikan Kabupaten Barito Timur tetap aman, kondusif, damai dan tentram," kata Habib Saleh.

Pria yang terpilih sebagai Wakil Bupati Barito Timur pada pilkada 2018 itu juga meminta, dalam penyelesaian atau mencari solusi permasalahan harus mengedepankan objektivitas dan independensi.

Kepercayaan dan empati masyarakat akan terbentuk dan meningkat seiring FKUB Barito Timur mampu menjadi mediator dalam penyelesaian konflik umat beragama maupun antar umat beragama.

"Yang diharapkan semua pihak yakni bisa menjadikan Kabupaten Barito Timur aman dan kondusif sehingga masyarakatnya hidup rukun, damai dan sejahtera," demikian Habib Saleh.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar