Produk UKM Kalteng memerlukan sejumlah pembenahan

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, dekranasda, yulistra ivo sugianto sabran, palangka raya,Produk, usaha, wirausaha, rotan, kerajinan

Produk UKM Kalteng memerlukan sejumlah pembenahan

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran (tengah) bersama Kepala Diskop UKM Kalteng Lies Fahimah (kanan) dan Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah menilai, masih diperlukan sejumlah pembenahan terhadap produk-produk yang dihasilkan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah setempat.

"Ada tiga hal utama yang harus dibenahi dan ditingkatkan, meliputi penyelesaian akhir sebuah produk, pengemasan serta promosi," kata Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Ketiganya merupakan syarat utama yang harus dibenahi atau pun ditingkatkan lagi kedepannya, jika para pelaku UKM di Kalteng serius ingin mengembangkan jangkauan pemasaran produknya, hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan tidak menutup kemungkinkan agar produk-produk UKM Kalteng mampu menjangkau pasar mancanegara, asalkan kualitas produk-produk yang dihasilkan terus ditingkatkan.

"Produk-produk UKM yang Kalteng miliki begitu luar biasa dan sangat potensial untuk dikembangkan lebih jauh lagi. Kami pun bersama pemprov terus berupaya membantu mendorong peningkatannya," tuturnya.

Upaya Dekranasda maupun pemprov utamanya, melakukan pembinaan dan pelatihan guna peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, serta mendukung pemasaran produk baik secara digital maupun non digital.

Pemasaran produk secara digital dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang tersedia, utamanya media sosial maupun website. Kemudian untuk non digital, seperti menyertakan pelaku UKM pada pameran di luar daerah.

Selain itu pihaknya juga mendukung agar Dinas Koperasi dan UKM Kalteng memperbanyak kegiatan magang kewirausahaan, agar semakin banyak pelaku-pelaku UMKM yang tumbuh dan berkembang.

"Terlebih program magang ke luar daerah, kegiatan itu sangatlah efektif serta efisien untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan produksi pelaku UKM Kalteng. Agar pada akhirnya produk yang mereka olah mampu memperluas jangkauan pemasarannya," ungkapnya.

Para pelaku UKM di Kalteng pun diminta menjadi pelopor bagi generasi muda dan warga di sekitarnya, agar terpacu untuk memulai wirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar