Daerah ini kembangkan tiga objek wisata unggulan

id dam trinsing,disbudparpora barut,obyek wisata barito utara,wisata barut

Daerah ini kembangkan tiga objek wisata unggulan

Kawasan wisata Dam Trinsing di Kecamatan Teweh Selatan.(ANTARA/HO-Disbudparpora Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kembangkan tiga objek wisata unggulan diantara 52 destinasi wisata yang tersebar di sembilan kecamatan di daerah setempat.

"Tiga objek wisata ini menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Barito Utara yang telah menyumbangkan salah satu sumber pedapatan asli daerah (PAD)," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Arbaidi ketika membuka kegiatan sosilisasi gerakan sadar wisata di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Kamis.

Objek wisata unggulan ini meliputi Dam Trinsing dan Bumi Perkemahan Panglima Batur masing-masing di Kecamatan Teweh Selatan dan Air Terjun Jantur Doyan Kecamatan Lahei.

Menurut dia, pembangunan kepariwisataan sebagaimana pembangunan di sektor lainnya, pada hakekatnya melibatkan peran dari seluruh pemangku kepentingan yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat yang ada, dengan segenap peran dan fungsinya masing-masing.

"Sektor pariwisata di daerah ini diharapkan dapat mengangkat kehidupan masyarakat, karena sektor ini mampu menggerakkan roda perekonomian di segala lapisan masyarakat dan berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selain itu, kata dia, mampu mendorong pertumbuhan dan pengembangan wilayah. namun dalam upaya–upaya pengembangan pariwisata yang dilaksanakan oleh pemerintah sangat membutuhkan dukungan penuh dan partisipasi aktif dari masyarakat itu sendiri.

Dia menambahkan, sebagai upaya untuk membangun dukungan dan partisipasi masyarakat tersebut, pemerintah secara sistematik dan terus menerus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak terhadap pengembangan sektor kepariwisataan. 
"Kepariwisataan ini menjadi prioritas pembangunan daerah Kabupaten  Barito Utara  untuk lima tahun ke depan," ujarnya.