Bupati Gumas: Protokoler jadi penentu keberhasilan kegiatan bupati atau pejabat

id Bupati Gumas,protokoler,Keberhasilan kegiatan tergantung profesionalitas bagian protokoler

Bupati Gumas: Protokoler jadi penentu keberhasilan kegiatan bupati atau pejabat

Suasana Sosialisasi Keprotokolan dan Tata Upacara di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, di ruang rapat lantai 1 kantor bupati setempat, Senin (14/10/2019). (ANTARA/HO-Setda Gunung Mas)

Kualan Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengatakan keberhasilan kegiatan bupati atau pejabat pemerintahan kabupaten tergantung profesionalitas bagian protokoler.

Yakni bagaimana mengatur atau menata dengan rapi kegiatan pimpinan, kata Jaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Gumas Yansiterson saat membuka Sosialisasi Keprotokolan dan Tata Upacara, di Kuala Kurun, Senin.

“Mengatur dan menata yang dimaksud adalah mulai dari tata waktu, tata tempat, tata upacara hingga tata penghormatan pada para tamu, sesuai dengan jabatan atau kedudukannya dalam negara, pemerintah maupun masyarakat,” ucapnya.

Dikatakan, aturan keprotokolan selalu beriringan dengan seluruh proses kegiatan maupun acara yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Oleh sebab itu, bagian protokoler selalu dituntut menjalankan tugas dengan profesional.

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini mengajak seluruh peserta kegiatan agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir, agar dapat memahami aturan yang berlaku.

Dia menyebut, semua itu tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi di seluruh instansi, baik itu dinas, badan, maupun forum koordinasi pemerintah daerah, terkait keprotokolan dan tata upacara.

“Saya sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini yang merupakan salah satu bentuk komitmen untuk mewujudkan sumber daya aparatur yang kompeten, disiplin, serta berkualitas,” beber dia.

Pada kesempatan ini dia juga mengajak seluruh unsur Pemkab Gumas untuk bekerjasama, sesuai dengan aturan yang berlaku, demi memajukan daerah, menuju Kabupaten Gumas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri.

Ketua Panitia kegiatan Yantrio Aulia menyampaikan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait aturan keprotokolan dan upacara, menyamakan persepsi dari seluruh instansi, serta meningkatkan pelayanan kepada pimpinan.

“Sosialisasi diikuti oleh seluruh pendamping pimpinan daerah dan perwakilan dari masing-masing dinas atau badan. Sebagai narasumber adalah dari Bagian Upacara Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah,” demikian Yantrio.