Polres Bartim terjunkan 38 personel amankan pilkades serentak

id Polres Bartim terjunkan 38 personel amankan pilkades serentak,Pilkades,Barito Timur

Polres Bartim terjunkan 38 personel amankan pilkades serentak

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy memimpin apel gelar pasukan pengamanan pilkades serentak 2019 di Mako Polres Barito Timur di Tamiang Layang, Senin (14/10/2019). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah menyatakan siap mengamankan pemilihan kepala desa serentak 2019 pada 14 desa di lima kecamatan sudah siap.

"Surat suara pilkades didistribusikan hari ini ke kecamatan. Besok dari kecamatan ke desa. Intinya, pilkades siap digelar dan hingga saat ini tidak ada kendala dan berjalan sesuai proses dan tahapan," kata Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Rusdiannor usai upacara gelar pasukan pengamanan pilkades di Polres Barito Timur di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, dalam pilkades serentak 2019 ini memperebutkan 14 jabatan kepala desa yang diperebutkan 43 calon kepala desa dengan jumlah tempat pemungutan suara 22 buah dengan jumlah pemilih sebanyak 1.434 jiwa.

Anggota Kodim 1012 Buntok dan Polres Barito Timur terus mengawal setiap proses dan tahapan pilkades agar berjalan tertib, aman, lancar dan kondusif.

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy mengatakan, anggota yang yang diterjunkan untuk mengawal proses pilkades serentak 2019 ini sebanyak 38 personel dibantu juga dari anggota TNI Kodim 1012 Buntok.

"Saya juga berpesan agar personel menjaga sikap netral dalam pelaksanaan pengamanan pilkades 2019. Walaupun ada hubungan keluarga, saya minta utamakan netralitas," kata Zulham.

Selain itu, pria berpangkat melati dua itu meminta personel yang melaksanakan tugas pengamanan agar mengenali KPPS, petugas linmas, petugas TNI yang ada, kepala desa,  ketua KPPS dan minta nomor kontak mereka agar memudahkan komunikasi, apabila ada permasalahan di lapangan. 

Baca juga: Dua Raperda terkait Pilkades penting, DPRD Bartim segera bahas

Seluruh anggota pengamanan pilkades diharapkan bisa melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dengan misi untuk mengamankan dan mengawal pelaksanaan pilkades 2019 agar aman dan kondusif.

"Tugas utama anggota Polri pengamanan pilkades adalah mengamankan lokasi yang ada di luar TPS yang memungkinkan terjadinya ancaman yang dapat mengganggu berlangsungnya pelaksanaan pemungutan suara di TPS," tegasnya.

Usai apel gelar pasukan kesiapan pilkades, acara dilanjutkan dengan rapat kordinasi dalam rangka pengamanan pilkades 2019.

Rapat kordinasi dihadiri Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Rusdiannor, Pabung 1012 Buntok di Tamiang Layang Mayor R Hadi, Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Barito Timur Arief Zein, Kepala Badan Kesbangpol Barito Timur Argiantho dan camat.