Marukan incar empat parpol besar maju jadi cawagub di Pilkada Kalteng

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Pilkada Kalteng,calon di pilkada kalteng,Marukan

Marukan incar empat parpol besar maju jadi cawagub di Pilkada Kalteng

Marukan (kanan) menyerahkan formulir pendaftaran sebagai cawagub di Pilkada Kalteng tahun 2020 kepada pengurus Partai Golkar Kalteng di Palangka Raya, Rabu (15/10/2019)

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Lamandau periode 2008-2018 Marukan mengincar empat partai politik besar agar dapat maju dan menjadi calon wakil gubernur, dalam perhelatan pemilihan kepala daerah Kalimantan Tengah yang dilaksanakan pada tahun 2020.

"Saya sebelumnya sudah mendaftar ke Partai Demokrat dan Nasem. Hari ini ke Partai Golongan Karya (Golkar)," kata Marukan usai menyerahkan berkas pendaftaran sebagai cawagub kepada pengurus Partai Golkar Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

Setelah dari Partai Golkar, pria yang pernah menjabat Sekda Lamandau itu juga akan mendaftar langsung ke Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Sebab, dirinya merupakan kader, dan untuk masa mendaftaran calon kepala daerah di Partai Gerindra Kalteng sudah ditutup.

Marukan membenarkan dirinya ada berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya maupun Bupati Barito Utara Nadalsyah terkait Pilkada Kalteng. Namun dirinya menegaskan bahwa komunikasi tersebut hanya sebagai teman, dan belum ada membicarakan masalah berpasangan maju di Pilkada Kalteng.

"Intinya, pada pilkada Kalteng tahun 2020, saya hanya fokus sebagai cawagub. Saya pun siap berpasangan dengan siapapun," tegasnya.

Baca juga: Marukan mendaftar ke Demokrat dan Nasdem maju di Pilkada Kalteng

Dia mengaku adanya niat maju dan memilih menjadi cawagub di pilkada Kalteng setelah mempertimbangkan potensi dan kualitas diri, sehingga besar kemungkinan dilirik para calon gubernur.

"Kalau saya tidak percaya diri dengan potensi dan kualitas, pasti tidak mendaftar ke sejumlah parpol. Saya tidak ingin asal mendaftar tanpa melihat potensi dan kemampuan diri sendiri," demikian Marukan.

Selain Marukan, adapun sejumlah nama yang telah mendaftar ke partai politik serta berpeluang menjadi calon gubernur/wakil gubernur Kalteng, yakni Sugianto Sabran, Abdul Razak, HM Riban Satia, Nadalsyah, Willy M Yoseph, Habib Ismail Bin Yahya, serta sejumlah nama lainnya.

Baca juga: Belasan tokoh mendaftar ke Nasdem maju di Pilkada Kalteng

Baca juga: Sugianto-Habib mendaftar sebagai cagub-cawagub ke Golkar dan Demokrat