Seluruh rutan dan lapas se-Kalteng harus komitmen wujudkan WBK/WBBM

id Kanwil Kemenkumham Kalteng,Ilham Djaya,WBK/WBBM,Zona Integritas,Seluruh rutan dan lapas se-Kalteng harus komitmen wujudkan WBK/WBBM

Seluruh rutan dan lapas se-Kalteng harus komitmen wujudkan WBK/WBBM

Rapat kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di jajaran Kantor Wilayah kemenkumham Kalimantan Tengah di Palangka Raya. (ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng).

Palangka Raya (ANTARA) - Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kalimantan Tengah Ilham Djaya, meminta kepada seluruh jajaranya untuk komitmen mewujudkan Zona Integrasi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang ada di daerah itu.

"Seluruh UPT rutan maupun lapas harus siap dan bisa melaksanakan Zona Integritas WBK/WBBM di wilayahnya masing-masing," kata Ilham Djaya usai rapat satuan kerja pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM di Palangka Raya, Rabu.

Ilham Djaya menagatakan, rapat yang digelar hari ini mengevalusi enam komponen pengungkit yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Pihaknya berharap, tahun depan baik rutan maupun lapas yang ada di kabupaten/kota sudah bisa dinilai masyarakat luas tentang kinerja masing-masing dengan mengacu pembangunan Zona Integrasi WBK/WBBM.

"Jadi masyarakat nantinya bisa langsung melakukan penilaian terhadap layanan baik di rutan maupun lapas dengan membuat barcode melalui hp," tandas Ilham Djaya.

Selain itu, kata Ilham Djaya, seluruh rutan maupun lapas harus mempunyai ruang tempat menyusui dan bermain anak bagi keluarga warga binaan yang berkunjung. 

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kanwil Kemenkumham Kalteng Sucipto mengatakan, menuju Zona Integritas WBK/WBBM, seluruh bidang adminitrasi harus meningkatkan kinerjanya, semua laporan administrasi harus rapih dan bersih.

"Seluruh warga binaan harus bisa diakses oleh publik, nama dan perkara harus tertera di wilayanya masing-masing, adminitrasi harus lengkap. Hal inilah kunci kita untuk mendapatkan WBK/WBBM," kata Sucipto.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Kalteng Hanibal menambahkan, untuk menuju Zona Integritas kita boleh mencontoh lapas/rutan yang mendapatkan zona integritas, contohnya seperti lapas Porong, Jawa Timur pelayanan warga binaan kita memanusiakan, pengunjung juga harus bisa kita buat nyaman.

"Seperti menyediakan ruang menyusui, ruang bermain anak bagi keluarga napi yang berkunjung, bersih rapi nyaman bagi masyarakat, itulah kunci untuk mendapatkan WBK/WBBM," tandas Hanibal 

Kepala Divisi Imigrasi Palangka Raya, Ignatius mengatakan untuk mendapatkan Zona Integritas kita harus membenahi diri kita sendiri baru bisa kita arahkan kebawahan. Seluruh kantor Imigrasi harus kompak dan semangat serta saling gotong-royong untuk melayani masyarakat.

"Jaman sekarang ini kan sudah dunia digital, masyarakat bisa mengetahui kinerja kantor Imigrasi, jadi kalau kita benar-benar mau mendapatkan WBK/WBBM harus ditingkatkan lagi. Saat saya di Denpasar, Bali kami mendapatkan nilai positif dari masyarakat dan kementerian padahal pengurusan paspor di Bali waktu itu mencapai 300 paspor perhari. kantor Imigrasi  Kalteng ini juga harus bisa mendapatkan Zona Integritas," kata Ignatius Purwanto.

Kadiv Hukum dan Ham Cahyani mengatakan menuju Zona Integritas WBK/WBBM kita harus meningkatkan enam poin apa yang sudah disampaikan Kakanwil tadi, supaya dapat meraih WBK/WBBM.

Demi mendapatkan Zona Integritas WBK/WBBM seluruh pegawai jangan sampai melanggar HAM. Misalnya melakukan kekerasan dengan warga binaan, kita harus melayani napi dengan baik, memanusiakan manusia, mereka kita bina supaya tidak terjadi lagi apa yang mereka perbuat, demikian Cahyani.