Hasil survei Alvara, publik puas atas kinerja TNI disusul KPK dan Polri

id Hasil survei Alvara,publik puas atas kinerja TNI disusul KPK dan Polri,Kalteng,kalimantan tengah,TNI-Polri,KPK

Hasil survei Alvara, publik puas atas kinerja TNI disusul KPK dan Polri

Peneliti sekaligus CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, saat memaparkan hasil survei terbarunya, di Jakarta, Jumat (12/4/2019). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) - Survei yang digelar Alvara Research Center menunjukkan, TNI adalah lembaga dengan tingkat kepuasan publik tertinggi selama pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla periode 2014-2019. 

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali menjelaskan, institusi TNI mendapatkan 91 persen dalam hal kepuasan publik. Disusul Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) dengan 80 persen dan Polri dengan nilai 78,1 persen. 

"Tingkat kepuasan terhadap lembaga-lembaga ini mencerminkan harapan publik terhadap lembaga-lembaga negara tersebut," ujar Hasanuddin Ali melalui keterangan tertulis belum lama ini.

Adapun survei yang sama menunjukkan tiga lembaga dengan tingkat kepuasan publik terendah, yaitu MPR dengan 69,9 persen, partai politik dengan 67,6 persen, dan DPR 66,7 persen. 

"Semakin rendah tingkat kepuasan, semakin besar kesenjangan harapan dengan kenyataan," ujar Hasanuddin. 

Ke depan, ketiga lembaga dengan tingkat kepuasan terendah tersebut disarankan untuk meningkatkan kinerjanya. 

"Maka di masa mendatang, menjadi kerja besar bagi DPR, parpol, dan MPR untuk dapat meningkatkan kinerjanya agar tidak jauh meninggalkan harapan masyarakat," ujar Hasanuddin. 

Survei ini melibatkan 1.800 responden yang berusia 14-55 tahun. 

Mereka dipilih dengan metode multistage random sampling. Sampel yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia tersebut diwawancarai secara langsung atau tatap muka. 

Survei tersebut memiliki margin of error sebesar 2,35 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.


Sumber: Kompas.com

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar