Ratusan KK masih mengungsi setelah unjuk rasa di Penajam

id kerusuhan penajam,kabupaten penajam paser utara,kaltim,bpbd penajam paser utara

Ratusan KK masih mengungsi setelah unjuk rasa di Penajam

Madrasah Ibtidaiyah yang ikut terbakar saat unjuk rasa sekelompok orang di Pelabuhan Penyeberangan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, yang berujung rusuh pada Rabu (16/10) (Antaranews/Novi Abdi)

Penajam (ANTARA) - Sedikitnya 366 kepala keluarga di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masih mengungsi setelah unjuk rasa yang dilakukan sekelompok orang di Pelabuhan Penyeberangan Penajam yang berujung rusuh pada Rabu (16/10).

Aksi sekelompok orang di Pelabuhan Penyeberangan Penajam itu menuntut denda adat kepada pelaku penikaman dalam perkelahian kelompok pemuda tersebut, sempat rusuh dengan adanya pembakaran. Sedikitnya terdata 158 unit rumah dan sekolah Madrasah Ibtidaiyah yang berada di Gang Buaya RT 6, 7 dan 8 Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam terbakar, serta sejumlah fasilitas umum juga dirusak.

"Kami data sekitar 366 kepala keluarga yang rumahnya terbakar saat terjadi unjuk rasa itu masih mengungsi," kata Kepala Subbidang Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurlaila ketika ditemui di Penajam, Kamis.

Korban kebakaran saat terjadinya unjuk rasa tersebut menurut ia, mengungsi di pos pengungsian Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mau pun mengungsi di rumah keluarganya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara bersama instansi terkait mendirikan posko penanganan, serta pos-pos pelayanan lainnya dampak setelah unjuk rasa yang berujung rusuh tersebut.

Pos-pos yang didirikan BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara bersama instansi terkait lainnya tersebut antara lain, pos kesehatan, pelayanan dapur umum dan pos logistik.

Selain 158 rumah terbakar, terdata sekolah Madrasah Ibtidaiyah dan satu loket pembelian tiket di pelabuhan klotok juga terbakar, serta 10 kios kondisinya rusak.

Suasana Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini semakin kondusif setelah unjuk rasa yang dilakukan sekelompok orang yang berujung rusuh tersebut.

Aktivitas Pelabuhan Penyeberangan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara sudah beroperasi normal kembali seperti biasanya, yang sebelumnya sempat terganggu karena peristiwa itu.

Sedangkan aktivitas belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah, SD Negeri 001, SD Negeri 025 dan SMP Negeri 1 Penajam yang berada dekat dengan lokasi kerusuhan diliburkan sementara waktu.