Kabupaten Gumas dapat kuota 189 formasi CPNS

id kabupaten gunung mas,gumas,formasi cpns di gumas,kuota cpns di gumas

Kabupaten Gumas dapat kuota 189 formasi CPNS

Kepala BKPPD Kabupaten Gunung Mas Lurand saat memberi keterangan kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (21/10/2019). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Lurand mengaku bahwa pihaknya mendapat kuota 189 formasi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dari pemerintah pusat.

"Kami sudah menerima surat keputusan (SK ) terkait formasi dan sudah ditetapkan jabatannya. Rinciannya, 110 tenaga pendidikan, 65 tenaga kesehatan dan 14 tenaga teknis,” kata Lurand di Kuala Kurun, Senin.

Dikatakan, untuk formasi tenaga pendidikan syarat pendidikan adalah S1, kemudian untuk tenaga kesehatan syarat pendidikan beragam yakni D3 dan S1, sedangkan tenaga teknis syarat pendidikan adalah S1.

Dia menyebut, awalnya BKPPD Kabupaten Gumas sempat mengajukan permintaan sekitar 700 formasi kepada pemerintah pusat, baik untuk CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Namun, setelah dilakukan penyesuaian dengan berbagai pertimbangan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), maka usulan dari yang awalnya sekitar 700 formasi berubah menjadi 317.

"Usulan 317 terdiri dari 87 CPNS dan sisanya P3K. Itu sesuai format yang telah ditentukan, yakni P3K sebanyak 70 persen dan CPNS 30 persen. Ternyata kami mendapat 189 formasi CPNS," beber dia. 

Baca juga: PPNI Gumas salah satu penentu meningkatnya kualitas perawat

Dikatakan, untuk formasi P3K kemungkinan baru akan dibuka pada tahun 2020 mendatang. Hanya saja, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah kuota P3K yang didapatkan oleh Kabupaten Gumas nantinya.

Sedangkan untuk tahapan seleksi CPNS pada tahun 2019 ini hanya tahap pengumuman, pendaftaran, seleksi berkas, sampai pengumuman hasil seleksi berkas. Untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang dilanjutkan tahun 2020.

Tahapan seleksi CPNS masih menunggu penetapan dari pemerintah pusat, namun direncanakan dimulai pada akhir Oktober ini. Nantinya, BKPPD Kabupaten Gumas akan mengumumkan secara resmi jika tahapan sudah dimulai.

"Saya imbau kepada pelamar agar mempersiapkan diri, karena untuk mengikuti tes harus ada upaya lebih dalam hal belajar. Persaingan akan semakin terbuka, jadi harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," demikian Lurand.

Baca juga: Legislator ajak masyarakat Gunung Mas jaga cagar budaya

Baca juga: Bupati Gumas: Perawat miliki pengaruh besar dalam pembangunan kesehatan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar