Satgas TMMD gelar penyuluhan pertanian dan perkebunan Kepada masyarakat desa

id Kabupaten Barito Selatan,Barsel,Dandim Buntok, Letkol Inf Tuwadi

Satgas TMMD gelar penyuluhan pertanian dan perkebunan Kepada masyarakat desa

Satgas TMMD melaksanakan penyuluhan pertanian dan perkebunan kepada masyarakat di dua desa di Barsel. (ANTARA/HO-Dandim 1012 Buntok).

Buntok (ANTARA) - Satuan Tugas TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 106 di Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menggelar kegiatan non fisik berupa penyuluhan pertanian dan perkebunan kepada masyarakat di Desa Bintang Ara dan Malungai Raya, Kecamatan Gunung Bintang Awai.

"Penyuluhan ini bertujuan menambah pengetahuan, dan wawasan masyarakat terkait dua sektor tersebut," kata Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi di Buntok, Selasa.

Dikatakan, dalam penyuluhan ini, pihaknya mendatangkan narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan.

Penyuluhan itu sangat diperlukan mengingat masyarakat di Desa Bintang Ara, dan Malungai Raya umumnya bermata pencaharian sebagai petani, dan penyadap karet.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya penyuluhan ini, hasil pertanian dan perkebunan masyarakat bisa bertambah, dan pendapatannya pun meningkat," kata Tuwadi.

Selain melaksanakan penyuluhan pertanian, dan perkebunan, pihaknya juga sebelumnya telah melaksanakan penyuluhan terkait bahaya narkoba.

"Penyuluhan ini sangat penting dilaksanakan, sebab dampak dari narkoba sangat negatif, karena merusak fisik maupun psikologis," kata Tuwadi.

Baca juga: Peringati hari tata ruang, Dinas PUPR Barsel gelar lomba pidato dan menggambar

Untuk mencegah peredaraan narkoba lanjut dia, merupakan peran semua pihak, mengingat bahaya penyalahgunaan narkoba terus mengintai terutama para pelajar yang berada di pedesaan.

Menurut dia, adapun peran masyarakat dalam memerangi narkoba yakni dengan membentengi diri supaya tidak terlibat dengan barang haram itu.

"Kami mengajak kepada masyarakat untuk memerangi narkoba, karena selain merusak, dampaknya juga akan berurusan dengan hukum, dan oleh karena itu, masyarakat jangan sampai terlibat dengan barang haram itu," harap dia.

Baca juga: Bupati Barito Selatan minta jajarannya sukseskan TMMD