Manfaatkan tambahan nilai bagi pelamar CPNS putra daerah di Kalteng

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, cpns, pns, penerimaan, asn, bkd, cumlaude, disabilitas, lulus dengan pujian, abdi negara

Manfaatkan tambahan nilai bagi pelamar CPNS putra daerah di Kalteng

Ilustrasi-Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp)

Palangka Raya (ANTARA) - Pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, direncanakan adanya penambahan nilai sebanyak sepuluh poin, bagi peserta yang berstatus putra-putri daerah.

"Kalau nantinya tidak ada perubahan kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI terkait hal itu, maka akan diterapkan," kata Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalteng Suhufi di Palangka Raya, Jumat.

Adanya penambahan nilai tersebut, dianggap sebagai penghargaan dan pemacu semangat bagi putra-putri daerah untuk bersaing. Kemudian guna mengetahui apakah benar status peserta sebagai putra-putri daerah, tentu akan ada tahapan verifikasi.

Yakni dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap biodata diri para peserta, seperti mengecek identitas diri yang tercantum pada kartu tanda penduduk atau KTP yang dimiliki. Sehingga pelaksanaan kebijakan itu benar-benar tepat sasaran.

Baca juga: Pemprov Kalteng tunda pengumuman resmi penerimaan CPNS

Baca juga: Barito Utara mendapat kuota 144 CPNS


Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya mendorong agar putra-putri terbaik daerah ikut mendaftar dan memberanikan diri bersaing pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2019 mendatang.

"Proses pelaksanaan seleksi nanti, tampaknya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Jadi kami minta putra-putri daerah bisa mempersiapkan dirinya dengan baik, agar tak kalah bersaing dengan pendaftar dari luar daerah," ungkapnya.

Adapun yang harus dipersiapkan, meliputi berkas-berkas yang akan menjadi persyaratan pada pendaftaran, hingga kemampuan diri dengan cara memperbanyak belajar dan melakukan simulasi menjawab soal dengan sistem CAT.

Untuk lingkup pemprov ada sebanyak 381 kuota formasi penerimaan CPNS tahun 2019. Jika dijumlahkan dengan kuota pada kabupaten dan kota tentunya cukup banyak, sehingga diharapkan agar peluang tersebut mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Sedangkan pengumuman resmi nantinya akan dilakukan melalui website, media massa dan berbagai akses yang dapat dimanfaatkan oleh BKD Kalteng untuk memberitahukan kepada publik.

Baca juga: Tak ada formasi untuk lulusan SMA, ini penjelasan BKD Kalteng

Baca juga: Kotim dapat 213 formasi CPNS, ini rinciannya

Baca juga: Kabupaten Gumas dapat kuota 189 formasi CPNS

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar