Masyarakat diingatkan agar tidak melakukan 'ilegal fishing' di Seruyan

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, ilegal fishing, perikanan, sungai, yulhaidir

Masyarakat diingatkan agar tidak melakukan 'ilegal fishing' di Seruyan

Bupati Seruyan Yulhaidir menyerahkan bantuan sarana perikanan pada kelompok nelayan di Kuala Pembuang baru-baru ini. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas 'ilegal fishing', guna menjaga kualitas daerah aliran sungai (DAS) Seruyan agar tidak mengalami pencemaran lingkungan.

"Saya berharap kepada masyarakat khususnya nelayan jangan melakukan penangkapan ikan dengan cara yang tidak diperbolehkan, contohnya seperti menyetrum ikan, meracuni dan lainnya, " katanya di Kuala Pembuang, Jumat.

Jika aktivitas 'ilegal fishing' bisa dicegah, maka sungai dan habitat yang ada di sekitarnya tetap bisa terjaga dan lestari. Sehingga produktivitas tangkapan ikan oleh para nelayan pun tetap baik.

Apalagi saat ini Seruyan juga sudah berhasil melakukan pembibitan ikan pipih yang dilakukan langsung dari DAS Seruyan.

"Artinya sungai kita masih terjaga kualitas airnya karena ikan yang sulit dibudidayakan tersebut berhasil dilakukan dan sekarang sudah berumur dua bulan dengan panjang sembilan sentimeter," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan 'ilegal fishing' dan bersama-sama mencegah oknum yang hendak melakukan perbuatan tersebut.

Salah satu tujuannya, agar penghasilan nelayan terus meningkat karena ikan-ikan tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Apalagi nelayan merupakan salah satu profesi yang banyak dimiliki oleh masyarakat.