Festival Seni Qasidah di Barito Selatan disambut antusias peserta

id Festival Seni Qasidah di Barito Selatan disambut antusias peserta,Qasidah,Barsel,Buntok

Festival Seni Qasidah di Barito Selatan disambut antusias peserta

Wakil Bupati Barito Selatan,  lSatya Titiek Atyani Djoedir (tiga dari kanan) bersama Ketua Lasqi Barito Selatan Nyimas Artika (paling kanan) dan Ketua Panitia Festival Seni Qasidah Nurul Hikmah (paling kiri) menabuh rebana sebagai tanda dibukanya acara tersebut di Buntok, Minggu malam (27/10/2019). ANTARA/Bayu Ilmiawan (,)

Buntok (ANTARA) - Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah yang berlangsung di Taman Iring Witu Buntok, Minggu malam, disambut antusias peserta dan penonton.

"Peserta tersebut berasal dari enam kecamatan di daerah ini. Total ada 167 orang peserta," kata Ketua Panitia, Nurul Hikmah pada saat acara pembukaan.

Perempuan yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Barito Selatan menjelaskan, peserta dari Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 44 orang peserta, Dusun Utara sebanyak 21 orang, dari Kecamatan Karau Kuala sebanyak 24 orang peserta.

Peserta dari Kecamatan Dusun Hilir sebanyak 13 orang, Jenamas 36 orang, dan dari Kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak 29 orang peserta.

Cabang yang diperlombakan dalam festival ini yakni bintang vokalis tingkat anak putra putri, bintang vokalis tingkat dewasa putra dan putri, cabang qasidah klasik putra dan putri, serta lomba habsy putra.

Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia Barito Selatan Nyimas Artika mengatakan festival ini dilaksanakan guna melestarikan seni dan budaya Islam.

"Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan kontingen Barito Selatan untuk mengikuti FSQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Pangkalan Bun pada 2020 mendatang," ucap anggota DPRD Barsel dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Dia berharap kepada peserta yang berasal dari enam kecamatan bisa tampil maksimal sehingga bisa menjadi yang terbaik dalam ajang festival seni qasidah tingkat kabupaten ini.

Sementara itu Wakil Bupati Barito Selatan Satya Titiek Atyani Djodier mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada para pelatih, official yang telah mempersiapkan para peserta untuk mengikuti Festival Seni Qasidah ini," ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat saat membuka acara tersebut.

Selain itu, dia juga berpesan kepada seluruh peserta agar menjaga vitalitas dan sportivitas dalam bertanding, serta meningkatkan semangat juang supaya menjadi yang terbaik.

"Jaga kekompakan dan selalu mematuhi aturan, baik oleh panitia, pengurus kafilah, maupun pendamping. Jaga kesehatan supaya bisa mengikuti lomba dengan optimal," ujarnya.

Acara pembukaan festival seni qasidah tingkat kabupaten Barito Selatan tersebut dimeriahkan dengan penampilan artis asal kota Bandung yang top di era 90-an yakni  Inka Christie.