Presiden Jokowi berjanji tindak lanjuti pemekaran Provinisi Papua Tengah

id Presiden Jokowi,Wamena,Papua,papua tengah,pemekaran Provinisi Papua Tengah

Presiden Jokowi berjanji tindak lanjuti pemekaran Provinisi Papua Tengah

Presiden Joko Widodo (tengah) mengunjungi lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu, (27/10/2019). Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana menyapa dan bertemu ribuan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa dan disambut penampilan tarian Tari Tumbu Tanah yang merupakan tarian khas Suku Besar Arfak. ANTARA FOTO/Setpres-Kris/Lmo/aww.

Wamena (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berjanji menindaklanjuti usulan pemekaran provinsi di Pulau Papua, yaitu Provinsi Papua Pengah, yang akan ditempatkan di pegunungan tengah Papua.

Berbicara di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Senin, dia mengatakan banyak usulan pemekaran yang diterima. "Tetapi khusus untuk pegunungan tengah, akan saya tindaklanjuti," katanya.

Berdasarkan data yang dia terima, jumlah usulan pemekaran kabupaten, kota dan provinsi yang diterima adalah 183.

Baca juga: Belum ada usulan revisi UU otonomi khusus, kata Jokowi

Jokowi mengatakan usulan pemekaran Provinsi Pegunungan tengah Papua menjadi pekerjaan rumah setelah kembali ke Jakarta. "Begitu dibuka satu, yang lain pasti antri di depan kantor saya setiap hari. Tetapi khusus untuk pegunungan tengah, akan saya tindaklanjuti," katanya.

Usulan pemekaran itu disampaikan saat Jokowi bertatap muka bersama tokoh-tokoh masyarakat di Hotel Grand Baliem Jayawijaya. Usai pertemuan di Hotel Grand Baliem, dia menuju bandara untuk meninggalkan Wamena.

Baca juga: Ganggu Presiden Jokowi dan NKRI, kami akan menjelma menjadi preman dan buas