Nadalsyah tinjau Puskesmas Lahei II menuju akreditasi paripurna

id puskesmas lahei ii,bupati nadalsyah,akreditasi paripurna,tim survei akreditasi

Nadalsyah tinjau Puskesmas Lahei II  menuju akreditasi paripurna

Bupati Barito Utara H Nadalsyah meninjau fasilitas kesehatan di Puskesmas Lahei II Kecamatan Lahei, Jumat (1/11/2019) ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Tim survei  lakukan evaluasi peningkatan mutu kesehatan termasuk pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP) Puskesmas Kelurahan Lahei II Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara menuju akreditasi paripurna.

"Proses akreditasi dilakukan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan kepada masyarakat," kata perwakilan tim penilai Dr Marwan Sidik di Puskesmas Lahei II Kecamatan Lahei, Jumat.

Menurut dia, proses pelayanan menjadi perhatian penting dalam penilaian ini. 

"Kami menilai bagaimana proses pelayanan kepada masyarakat dan seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat dengan kualitas pelayanan Pukesmas," katanya.

Penilaian tersebut dilakukan oleh tim survei akreditasi FKTP selain Dr Marwan Siddik juga anggota lainnya  Nur Dahniar dan Sutejdo dimana tim akan berada di Kecamatan Lahei selama tiga hari untuk melakukan penilaian pada setiap sisi pelayanan di Puskesmas Lahei II.
 
Bupati Barito Utara H Nadalsyah foto bersama tim survei akreditasi dan petugas medis di Puskesmas Lahei II Kecamatan Lahei, Jumat (1/11/2019) ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut
Sementara Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta terus berupaya melakukan pembenahan sarana dan prasarana kesehatan serta  peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan baik khususnya puskesmas-puskesmas.

"Disamping juga terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pedesaan.Dalam kaitan penilaian akreditasi puskesmas guna terpenuhinya segala ketentuan yang berlaku sesuai standar yang telah ditetapkan," kata dia 

Bupati mengharapkan juga dengan lengkapnya sarana prasarana UPT Puskesmas Lahei II serta kepuasan masyarakat akan kinerja pelayanan, kinerja kedisiplinan pegawai dan sigapnya pelayanan dapat menjadi titik nilai tertinggi untuk menjadi Akreditasi Puskesmas Paripurna. 

Selain bidang lain, pemerintah daerah telah memprioritaskan bidang kesehatan, dimana telah mengusulkan penerimaan CPNS untuk diprioritaskan di kecamatan-kecamatan khususnya penambahan tenaga kesehatan di Kecamatan Lahei UPT Puskesmas Lahei II. 

"Dengan bertambahnya jumlah pegawai maka pelayanan akan lebih optimal dirasakan oleh masyarakat setempat serta berharap, kedepannya UPT Puskesmas Lahei II bisa menjadi Puskesmas Rujukan di Kecamatan Lahei dan Lahei Barat yang disyaratkan dalam undang-undang yang berlaku," ujar Nadalsyah.

Di Barito Utara sejumah Puskesmas telah diakreditasi diantaranya Puskesmas Kandui, Puskesmas Sei Rahayu dan Puskesmas Lanjas, kini giliran Puskesmas Lahei II akan dilakukan evaluasi untuk menuju akreditasi paripurna.