Berikut tips membuat Podcast

id podcast,Berikut tips membuat Podcast, Google Podcast

Berikut tips membuat Podcast

Ilustrasi - Podcast (Flickr/Casey Fiesler)

Jakarta (ANTARA) - Siaran audio melalui podcast menjadi salah satu tren untuk membahas berbagai isu yang sedang mengemuka, mulai dari politik sampai kesehatan.

Luvvie Ajayi, seorang kreator yang bekerja sama dengan Google Podcast membagikan beberapa tips bagi mereka yang ingin membuat siaran audio.

1. Tentukan siapa pendengar dan alasan peluncuran podcast
Tentukan mengapa membuat podcast dan buat rincian siapa yang akan mendengarkan podcast. Siapa dan kenapa dapat dijawab melalui pertanyaan-pertanyaan penting seperti "podcast saya tentang ...", "Anda akan mendengar tentang ..." dan "Anda harus dengar jika Anda ...".

2. Format
Setelah menentukan siapa yang akan mendengar siaran podcast pikirkan format acara yang akan dibawakan. Ajayi menyarankan mencari format acara yang fleksibel, misalnya segmen reguler dan segmen khusus ketika kedatangan bintang tamu.

3. Siapkan wawancara
Jika akan berbincang-bincang dengan bintang tamu di siaran, pelajari sebanyak mungkin tentang orang dan topik yang akan dibawakan. Jika memungkinkan, adakan wawancara sebelum siaran sehingga saat acara berlangsung, siaran podcast berisi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin belum pernah dibahas di media lain.

"Jangan takut keluar dari skenario, ikuti tamu dan rasa penasaran Anda, terkadang Anda akan dapat obrolan yang bagus," kata Ajayi.

4. Jadi diri sendiri
Ajayi menyarankan kreator menjadi diri sendiri saat siaran podcast agar lebih tersambung ke audiens mereka. Coba buat rekaman saat Anda bercerita ke teman, perhatikan bagaimana suara, gaya bicara Anda yang natural.

5. Terhubung ke pendengar
Banyaknya podcast di luar sana mengharuskan Anda untuk menyajikan sesuatu agar mendapatkan tempat di pendengar atau komunitas tertentu. Buat komunitas pendengar untuk berjejaring dan terhubung dengan mereka.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar