Pengetahuan jurnalistik penting bagi generasi muda di Kalteng

id Jurnalistik, antara, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, iahn tp, institut agama hindu negeri tampung penyang, mahasiswa, pelatihan, hoax, pesa

Pengetahuan jurnalistik penting bagi generasi muda di Kalteng

Kepala Biro Kantor Berita ANTARA di Kalteng Rachmat Hidayat (kiri) saat menjadi narasumber pada orientasi jurnalistik yang dilaksanakan IAHN TP Palangka Raya, Selasa, (4/11/2019). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN TP) Palangka Raya, Kalimantan Tengah menilai, pengetahuan dan pemahaman yang tepat tentang jurnalistik sangatlah penting bagi generasi muda masa kini.

"Saya melihat jurnalistik penting bagi generasi muda, utamanya para mahasiswa di era yang serba digital ini," kata Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Kerjasama IAHN TP Budi Widodo di sela kegiatan orientasi jurnalistik di Palangka Raya, Selasa.

Jurnalistik erat kaitannya dengan kewartawanan dan media massa atau komunikasi media. Jurnalistik merupakan ilmu, teknik serta proses yang berkaitan dengan penulisan berita, feature dan artikel opini, baik pada media cetak, televisi maupun online.

Baca juga: IAHN-TP Palangka Raya berharap kebijakan presiden mampu perkuat perguruan tinggi

Menurutnya, generasi muda wajib memahami jurnalistik, sebab siapa pun terlibat dalam penyampaian pesan dan penerima informasi dalam berbagai kegiatan di kehidupan sehari-harinya.

Untuk itu pihaknya berharap mahasiswanya menjadikan pengetahuan yang didapat tentang jurnalistik, sebagai salah satu bekal di masa mendatang. Agar mampu mengikuti perkembangan zaman dan tak kalah bersaing.

"Kami memastikan kegiatan orientasi jurnalistik bisa diselenggarakan secara berkelanjutan. Selain kegiatan itu, kami juga seringkali melaksanakan seminar-seminar terkait jurnalistik," paparnya kepada ANTARA.

Baca juga: Pemkot minta KMHDI berkontribusi sukseskan pembangunan daerah

Sementara itu, Presiden BEM IAHN TP Palangka Raya Fran Nando mengapresiasi pelaksanaan orientasi jurnalistik, sebab merupakan kegiatan yang sangat positif dan sesuai kebutuhan generasi muda.

"Utamanya bagi mahasiswa, dengan memahami kode etik jurnalistik, tentu akan bermanfaat pada berbagai kegiatan, baik penyampaian pesan maupun aksi. Sehingga terhindar dari pelanggaran-pelanggaran hingga penyebaran informasi palsu atau hoax," tegasnya.

Fran menilai, generasi muda sudah seharusnya bisa membantu aparat dalam upaya pemberantasan hoax, khususnya di media sosial yang sering ditemui. Terlebih mahasiswa, hendaknya bisa menyaring terlebih dulu setiap informasi yang diterima, guna memastikan kebenarannya.

Orientasi jurnalistik yang IAHN TP Palangka Raya gelar itu, menghadirkan sejumlah narasumber, salah satunya adalah Kepala Biro Kantor Berita ANTARA di Kalteng Rachmat Hidayat.

Baca juga: Peningkatan status STAHN-TP ke IAHN-TP diharapkan mendukung pembangunan manusia, kata Wagub

Baca juga: Legislator Kalteng apresiasi berubahnya status STAHN-TP jadi IAHN-TP


Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar