Arena MTQ Pulang Pisau dipastikan rampung sebelum pelaksanaan

id Arena MTQ Pulang Pisau dipastikan rampung sebelum pelaksanaan,MTQ,Kapuas

Arena MTQ Pulang Pisau dipastikan rampung sebelum pelaksanaan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pulang Pisau, Usis I Sangkai. ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pulang Pisau, Usis I Sangkai memastikan arena utama yang akan digunakan untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang, selesai sebelum acara pelaksanaan. 

“Kami pastikan arena utama bisa digunakan sebelum tanggal pelaksanaan,” kata Usis di Pulang Pisau, Selasa.

Dikatakan Usis, kontraktor kegiatan pembangunan fasilitas umum milik daerah ini melalui paket pekerjaan pembangunan Masjid Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang bersumber dari APBD senilai Rp199.540.000 telah diminta untuk mempercepat penyelesaian arena MTQ.

Penyelesaiannya, bukan bangunan masjid secara keseluruhan. Namun, nilai tersebut hanya diselesaikan bagian atap dan bagian bawah sehingga bisa digunakan sebagai arena pelaksanaan MTQ, bukan bangunan masjid seutuhnya. 

Menurut Usis, pihaknya hanya tinggal meminta kontraktor untuk mempercepat pekerjaan tersebut agar panitia MTQ bisa mempersiapkan segala sesuatunya. November ini, ada dua agenda tingkat kabupaten yang menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yakni pelaksanaan MTQ IX di Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang dan Pesparawi di Desa Maliku Baru Kecamatan Maliku.

Belum selesainya arena yang menjadi panggung utama dalam pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini sebelumnya disoroti oleh pihak panitia. Pantauan terakhir kondisi bangunan secara fisik belum selesai pada bagian atap.

Ketua Tim Kerja MTQ IX Tahun 2019, Ustaz Suryadi yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pulang Pisau sebelumnya meminta dukungan dan kerjasama yang baik dengan seluruh komponen yang terkait dengan pelaksanaan MTQ ini. Diharapkan arena yang menjadi panggung utama pelaksanaan MTQ bisa selesai segera sehingga pihak panitia bisa bekerja dalam mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Suryadi juga meminta DPUPR bisa mendorong kontraktor pelaksana untuk menyelesaikan bangunan agar arena utama MTQ bisa secepatnya diselesaikan untuk memudahkan persiapan seluruh panitia. Tim kerja dan panitia pelaksana, kata Suryadi, selalu berkoordinasi dan saling mempersiapkan segala sesuatu agar pelaksanaan MTQ ini bisa berjalan dengan baik. Kesiapan dari infrastruktur juga menjadi dasar dalam panitia mempercepat tugas-tugas di lapangan.

 “Sesukses apapun tim kerja dan panitia tanpa didukung infrastruktur yang dibutuhkan, maka pelaksanaannya pun tidak akan bisa sukses,” terang Surya.