Polres Bartim tindak 1.010 pengendara selama Operasi Zebra

id kalimantan tengah,kalteng,polres bartim,barito timur,bartim

Polres Bartim tindak 1.010 pengendara selama Operasi Zebra

Kasat Lantas Polres Barito Timur Iptu Sugeng turut serta melakukan pemeriksaan surat berkendara seorang 0engendara motor yang terjaring razia saat Operasi Zebra Telabang 2019 di Tamiang Layang, Selasa (5/11). (ANTARA/HO-Polres Bartim).

Tamiang Layang (ANTARA) - Polres Barito Timur, Kalimantan Tengah, berhasil menindak 1.010 pengendara yang tidak tertib administrasi dan lalu lintas selama melaksanakan Operasi Zebra Telabang 2019 dari tanggal 25 Oktober hingga 5 November 2019.

Dari 1.010 pelanggar yang terjaring itu, ada 815 pelanggar diberikan surat tilang dan 195 lainnya hanya teguran, kata Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy melalui Kasat Lantas Iptu Sugeng di Tamiang Layang, Rabu.

"Sebanyak 815 pelanggar yang ditilang diantaranya ada 313 pengendara roda dua dan 504 pengendara roda empat," kata Sugeng 

Dikatakan, dari 313 pengendara roda dua yang diberikan tilang dikarenakan tidak menggunakan helm sebanyak 99 pengendara, surat berkendara tidak lengkap 209 pengendara dan lain-lain sebanyak 5 pengendara.

Sugeng mengatakan dari 502 pengendara yang kena tilang ada 140 pengendara ditilang karena tidak menggunakan sabuk pengaman sebanyak 140 pengendara, surat berkendara tidak lengkap 140 pengendara dan lain-lainnya 222 pengendara.

Selain itu, dari 815 pengendara yang terjaring tilang ada beberapa barang bukti yang diamankan yakni Surat Ijin Mengemudi sebanyak 194 buah, STNK sebanyak 529 lembar dan kendaraan bermotor sebanyak 92 unit. Sedangkan kendaraan bermotor yang terlibat pelanggaran dari 813 unit terdiri dari 314 kendaraan roda dua, 328 unit mobil penumpang dan 173 unit mobil barang.

Baca juga: Parkir Pasar Temanggung Djaya Karti Barito Timur ditarget Rp3 juta per bulan

Dia mengatakan manfaat dari dilakukannya operasi Zebra yang gencar dilaksanakan di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Barito Timur, dapat mengingatkan masyarakat selaku pengendara motor dan mobil agar lebih taat administratif serta tertib berlalu lintas saat berkendara.

"Operasi Zebra Telabang 2019 juga untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang ada di wilayah hukum Polres Barito Timur," kata Sugeng.

Sugeng juga berharap masyarakat selalu tertib berlalu lintas tidak hanya pada saat dilaksanakannya operasi-operasi kepolisian saja.

"Kegiatan penindakan akan terus kami laksanakan agar tercipta keamanan dan ketertiban berlalu lianatas serta untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas," demikian Sugeng.

Baca juga: DPRD Bartim kaji pengelolaan lingkungan ke DLHKalsel

Baca juga: Ini daftar lengkap formasi penerimaan CPNS Bartim 2019

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar