Pemkab Seruyan berkomitmen maksimalkan pencegahan karhutla di tahun 2020

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, iswanti, karhutla, kebakaran hutan, kebakaran lahan, kabut asap, pencegahan, darurat bencana, rawan

Pemkab Seruyan berkomitmen maksimalkan pencegahan karhutla di tahun 2020

Wakil Bupati Seruyan Iswanti (tengah) bersama Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah (kiri) dan Bupati Lamandau Hendra Lesmana. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sejak dini atau sebelum memasuki musim kemarau.

"Tujuannya adalah untuk meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan akibat karhutla," kata Wakil Bupati Seruyan Iswanti di Kuala Pembuang, Rabu.

Iswanti mengungkapkan, pihaknya akan memperkuat langkah-langkah pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi karhutla pada tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut sesuai arahan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, bahwa sejak Januari 2020 tiap kabupaten dan kota melakukan pencegahan.

"Kami berkomitmen mengutamakan langkah pencegahan, yakni bertindak lebih dulu untuk mencegah. Bukan bertindak saat kebakaran telah terjadi," paparnya.

Untuk personel juga harus dimantapkan dan dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang memadai, serta mengoptimalkan keterlibatan masyarakat.

Kemudian, perlu adanya penetapan wilayah darurat bencana karhutla secara tepat, mulai dari siaga darurat, tanggap darurat hingga transisi darurat.

"Agar pencegahan bisa terlaksana dengan baik, perlu adanya dukungan dari seluruh pemangku kepentingan. Dengan saling sinergi pasti karhutla nantinya bisa dicegah secara dini," pungkasnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar