Wabup Kapuas berharap Gebyar Gema Salawat meningkatkan ketakwaan

id Wabup Kapuas berharap Gebyar Gema Salawat meningkatkan ketakwaan,Maulid nabi,Kapuas

Wabup Kapuas berharap Gebyar Gema Salawat meningkatkan ketakwaan

Wakil Bupati Kapuas Kalimantan Tengah H Muhammad Nafiah Ibnor, beserta unsur Forkopimda setempat, saat menabuh rabana tanda dimulainya Gebyar Gema Shalawat Se Kalimantan, Selasa (5/11/2019) malam. ANTARA/ HO- Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas Kalimantan TengahbH Muhammad Nafiah Ibnor, berharap dengan dilaksanakannya Gebyar Gema Salawat se-Kalimantan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, kecintaan kepada Rasul, mengikat tali silaturahim serta dapat membawa manfaat, hikmah dan pahala.

“Kita melaksanakan ini adalah semata-mata karena syiar agama, karena kalau tidak disyiarkan maka agama tidak akan berkembang dan tidak banyak orang menghayati. Ini untuk menanamkan keimanan kita kepada Allah SWT, patuh kepada perintah-Nya, semakin menjauhi larangan-Nya dan kegiatan ini untuk memupuk kecintaan kepada Rasul,” ucap Nafiah Ibnor dalam sambutanya, pada acara pembukaan Gebyar Gema Salawat se-Kalimantan di lapangan Bukit Ngelangkang Kuala Kapuas, Selasa malam.

Nafiah Ibnor berharap masyarakat Kabupaten Kapuas terus meningkatkan kerukunan umat beragama, kebersamaan dan kekeluargaan sehingga membangun masyarakat yang sejahtera lahir batin, mandiri dan memupuk tali silaturahim.

Selain itu, dia juga menjelaskan mengenai pentingnya keindahan hidup, salah satunya menata kebersihan lingkungan masing-masing agar Kabupaten Kapuas kembali meraih Adipura. 

Orang nomor dua di Kabupaten Kapuas ini menyerukan bahwa masyarakat wajib memelihara kebersihan lingkungan, jalan dan tempat-tempat lainnya sehingga nantinya mendapat hasil murni mencapai penilaian Adipura.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Tommy Syahputra dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas. Ada empat kategori yang diperlombakan yakni kategori pelajar putra, pelajar putri, umum putra dan umum putri. 

"Total peserta keseluruhan sebanyak 34 grup yang terdiri dari berbagai daerah di Kalimantan," katanya.

Tommy menjelaskan, kegiatan dilaksanakan selama lima hari. Puncak acara pada 9 November nanti diadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H yang mendatangkan penceramah Habib Banua. 

"Di setiap malamnya panitia menyiapkan kupon dibagikan kepada para pengunjung atau masyarakat untuk diundi dan berkesempatan mendapat hadiah menarik," demikian Tommy Saputra.

Kegiatan dibuka Wakil Bupati Kapuas H Muhammad Nafiah Ibnor dan ditandai dengan penabuhan rabana, dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Segenap Kepala Perangkat Daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kapuas dan masyarakat. 

Pembukaan tersebut diawali dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh Qori dari Kecamatan Pulau Petak, tahfiz juz lima terbaik dua STQ Tingkat Nasional di Kalimantan Barat pada tahun 2018, M Junaidi. Acara dilanjutkan dengan penampilan PC PMII kolaborasi Aswaja Putra dan Putri.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar