Gubernur Kalteng berhasil wujudkan keterbukaan informasi kepada publik

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, sugianto sabran, gubernur, keterbukaan informasi, informasi publik, palangka raya, herson b aden, kominfo

Gubernur Kalteng berhasil wujudkan keterbukaan informasi kepada publik

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran raih penghargaan sebagai Gubernur Inovatif tahun 2019 dengan kategori pelayanan masyarakat dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2019. (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Selama masa kepemimpinan Sugianto Sabran sebagai Gubernur Kalimantan Tengah, capaian penting yang berhasil direalisasikan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi, yakni mewujudkan keterbukaan informasi kepada publik.

"Salah satunya berupa inovasi keterbukaan informasi publik yang dikembangkan berbasis website pada https://ppid.kalteng.go.id ," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng Herson B Aden di Palangka Raya, Kamis.

Website itu dikelola oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kalteng dengan PPID pembantu pada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi dan terintegrasi dengan PPID kabupaten dan kota.

Bahkan atas inovasi maupun upayanya itu, pada 5 November 2018, Pemprov Kalteng telah menerima Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018 dari Komisi Informasi, sebagai badan publik menuju informatif yang diserahkan di Istana Wakil Presiden RI.

"Hingga tahun 2019, jumlah informasi yang tersedia pada website PPID Kalteng berjumlah 1.781 materi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas," jelasnya kepada awak media.

 
Kepala Diskominfosantik Kalteng Herson B Aden (kiri), saat menyampaikan berbagai capaian pembangunan yang digagas Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di bidang teknologi, informasi dan komunikasi, Palangka Raya, Kamis, (7/11/2019). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)


Selain itu, sejak tahun 2017 pemprov melalui Diskominfosantik telah mengembangkan 'web news' berupa MMC Kalteng sebagai suatu portal media informasi program kegiatan pemprov, maupun pemkab dan pemkot.

Gagasan mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui MMC Kalteng terbukti berhasil, sebab seiring berjalannya waktu selalu terjadi peningkatan jumlah pengunjung pada 'web news' tersebut.

"Sampai dengan 2019, total pengunjung portal kami begitu luar biasa. Yaitu mencapai hingga lebih dari 4 juta pengunjung dalam kurun waktu dua tahun terakhir," ungkap Herson.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain melalui metode digital penyebarluasan informasi juga dilakukan dengan menggunakan mobil unit siaran keliling. Nyatanya kegiatan pendukung itu terbukti efektif dan efisien, khususnya menjangkau masyarakat di daerah yang belum memiliki akses internet yang memadai.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar