Polres Barut siagakan puluhan personel amankan Pilkades

id pengamanan pilkades barito utara,pilkades barut,polres barut,pam pilkades barut

Polres Barut siagakan puluhan personel amankan Pilkades

Polres Barito Utara melaksanakan apel kesiapan dan pergeseraan pasukan PAM TPS dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak 2019 kabupaten setempat di halaman Mapolres setempat di Muara Teweh, Kamis (7/11/2019).ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Kepolisian Resor Barito Utara, Kalimantan Tengah, menyiagakan puluhan personel untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa serentak di 20 desa pada sembilan kecamatan yang digelar pada 12 November 2019.

"Dalam pengamanan pilkades serentak ini kita menyiagakan sebanyak 40 personel mengamankan TPS, 72 personil standby di tiap-tiap Polsek dan 30 personel cipta kondisi," kata Wakapolres Barito Utara (Barut) Kompol Agus Dwi Suryanto memimpin apel siaga Pilkades yang dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra di halaman mapolres setempat di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, sebentar lagi Kabupaten Barito Utara akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak dengan komposisi pola pengamanannya adalah pola sangat rawan, rawan dan kurang rawan, personel PAM TPS tersebut diawasi dan dikendalikan oleh Pamatwil dari para perwira Polres Barito Utara.

"Untuk itu saya ingatkan bahwa pada tahap pungut suara nanti ada dua tahap yaitu pencoblosan tanda gambar dan penghitungan suara. Untuk itu saya lakukan pengamanan di luar TPS secara maksimal, dan pada saat penghitungan suara, tingkatkan kewaspadaan terjadinya kecurangan penghitungan suara," kata Wakapolres.

Dalam melaksanakan pengamanan pilkades ini, kita harus netral karena dengan netralitas diharapkan tidak ada keberpihakan kepada salah satu kandidat. Mari kita wujudkan netralitas dengan tindakan kita di lapangan.

"Laksananakan tugas dengan sebaik-baiknya, kenali wilayah lokasi TPS yang sudah ditunjukkan, sipa siaga dan waspada terhadap ancaman diri sendiri serta masyarakat di lokasi PTS dan selalu lengkapi diri dengan peralatan kepolisian dan jangan lupa selalu jaga kondisi kesehatan pribadi masing-masing," pintanya.

Dia juga mengatakan, kehadiran Polri disetiap TPS adalah merupakan wujud dari hadirnya negara ditengah-tengah masyarakat. Dan kepada seluruh anggota yang PAM kiranya apabila ada sinyal berikan laporan setiap saat tentang perkembangan pelaksanaan pemungutan suara di TPS masing-masing secara berjenjang.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra atas nama pemerintah Kabupaten Barito Utara  mengingatkan kepada petugas untuk tetap menjaga stamina dan kebugaran. 

"Hal ini, mengingat kondisi dan cuaca sering berubah-ubah. Mohon kepada para petugas pengamanan untuk dapat menjaga kesehatan, selain itu juga selalu menjaga komunikasi, kekompakan dan solidaritas dalam bekerja," 
ujar Sugianto.