DSPMD desak desa di Barsel sampaikan laporan output DD tahap I dan II

id Pemkab barsel, dd, add, pencairan, buntok, barsel, barito selatan, dana desa, alokasi dana desa

DSPMD desak desa di Barsel sampaikan laporan output DD tahap I dan II

ilustrasi (ANTARA/ist)

Buntok (ANTARA) - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah berharap agar laporan output Dana Desa (DD) tahap I dan II bisa segera disampaikan.

"Agar serapan dana tersebut bisa mencapai 50 persen, sehingga DD tahap ketiga bisa dicairkan," kata Analis dan Pengelola Laporan Keuangan Desa DSPMD Barito Selatan Untung Bagyo di Buntok, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam minggu ini pihaknya akan menggenjot supaya setiap desa bisa menyampaikan output laporan DD tahap sebelumnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pendamping desa, agar menginformasikan ke setiap desa supaya secepatnya menyampaikan laporan output tahap I dan II itu.

Sebab DD pada Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) belum masuk, hal itu karena laporan serapan anggaran DD pada tahap sebelumnya belum mencapai 50 persen.

"Paling tidak dalam minggu ini, ada enam desa yang sudah menyampaikan output laporannya sehingga realisasinya bisa mencapai 50 persen. Hal itu sesuai amanah Peraturan Menteri Keuangan untuk pencairan DD tahap ketiga," ucapnya.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi 13 kabupaten di Kalteng beberapa waktu lalu, hingga minggu pertama November 2019, belum ada satu pun kabupaten yang ditransfer DDnya ke RKUD.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya memacu hal tersebut, agar sebelum Desember 2019 mendatang desa di Barito Selatan sudah bisa melakukan pencairan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar