Satukan tekat isi kemerdekaan dengan memajukan pembangunan

id kalimantan tengah,kalteng,kapuas,kabupaten kapuas,bupati kapuas,Ben Brahim S Bahat

Satukan tekat isi kemerdekaan dengan memajukan pembangunan

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menabur bunga di makan Pahlawan Nasional bertempat di Kencana Jalan Ahmad Yani Kuala Kapuas, Senin (11/11/2019). ANTARA/ HO/ Dinas Kominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat mengajak seluruh lapisan masyarakat memaknai peringatan Hari Pahlawan ke-74 tahun 2019 dengan menyatukan tekat mengisinya dengan memajukan pembangunan di semua lini.

Bentuk yang dapat dilakukan dengan mendukung dan membantu pemerintah kabupaten menjalankan program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, kata Ben saat upacara Ziarah di Makam Pahlawan Nasional di Jalan Ahmad Yani Kuala Kapuas, Senin.

"Saya atas nama Kabupaten Kapuas menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh para pejuang veteran, khususnya di Kabupaten Kapuas karena telah berjuang memerdekan negara ini," tambahnya.

Dikatakan, tema peringatan Hari Pahlawan RI ke 74 adalah 'Aku Pahlawan Masa Kini', Bupati Kapuas itu pun bertekat untuk terus berupaya meningkatkan pembangunan dan memprioritaskan kepada infrastruktur seperti pembangunan jalan, karena hal tersebut dapat memajukan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, infrastruktur seperti jalan itu merupakan urat nadi akses perkembangan daerah yang mana dapat meningkatkan bidang lainnya salah satunya bidang pendidikan dan kesehatan.

Baca juga: Bupati Kapuas ingatkan kepala SOPD harus selalu kompak

Dia mengatakan tujuan pembangunan khususnya jalan ini merupakan cara untuk menyatukan antar daerah dan bersifat efek pengganda (multiplier effect) seperti meningkatnya daya tarik wisata di Kabupaten Kapuas, meningkatnya ekonomi masyarakat dan sebagainya.

"Saya ingin semua itu dilihat sebagai kepentingan masyarakat," kata Ben.

Dalam kesempatan itu, ia juga merasa bangga bahwa Kabupaten Kapuas merupakan lumbung padi sebesar 47 persen untuk Provinsi Kalteng, dan dirinya tetap mendorong untuk terus ditingkatkan. 

Tidak hanya itu, Kabupaten Kapuas juga merupakan lumbung semangka yang mana dikirim tidak hanya untuk daerah Kabupaten Kapuas tetapi juga dikirim ke luar daerah.

"Kabupaten Kapuas punya potensi lainnya di sektor pertanian salah satunya potensi menjadi lumbung bawang. Saya akan terus mendorong agar tercapai hal tersebut," kata Ben.

Dirinya kemudian menyerukan agar masyarakat Kabupaten Kapuas menanamkan semangat kepahlawanan serta dapat memelihara silaturahmi dan mengikat erat persatuan dan kesatuan tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan.

Sementara dalam kegiatan tersebut Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menjadi Inspektur Upacara dan dihadiri Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, PJ Sekda Kabupaten Kapuas Andres Nuah, serta unsur Forkopimda, Veteran TNI, Anggota TNI, Kepala SOPD Kabupaten Kapuas, Tagana, Pramuka dan Organisasi wanita.

Baca juga: Seorang remaja di Kapuas dicabuli 7 kali hingga hamil 5 bulan oleh mantan napi

Usai upacara, Ben Brahim S Bahat didampingi Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor Bersama Unsur Forkopimda melakukan penaburan bunga di Makam – makam para Pahlawan sebagai penghormatan kepada arwah Pahlawan. 

Dilanjutkan acara meresmikan Kantor Minvetcad XII/18 Kapuas dengan memotong pita sebagai tanda gedung sudah diresmikan dan juga memberikan bantuan yang langsung diterima oleh Kepala Kantor Minvetcad Mayor Cpl Sumedi.

Kemudian, dalam rangkaian peringatan yang sama, dilaksanakan pula kegiatan Ramah Tamah bersama Legiun Veteran, pensiunan TNI/Polri, Warakawuri dan Wredatama bertempat di Aula Bappeda Kapuas yang mana diisi dengan penyerahan bantuan, sesi tanya jawab atau diskusi dan foto bersama.

Baca juga: Wabup Kapuas berharap Gebyar Gema Salawat meningkatkan ketakwaan

Baca juga: Arena MTQ Pulang Pisau dipastikan rampung sebelum pelaksanaan