Pembangunan Kodim di Barito Timur tahap pembebasan lahan

id Pembangunan Kodim di Barito Timur sedang tahap pembebasan lahan,Bartim,Kodim,Bupati Bartim,Ampera AY Mebas

Pembangunan Kodim di Barito Timur tahap pembebasan lahan

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas berkordinasi terkait rencana pembangunan di Kabupaten Barito Timur di Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang   (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah saat ini telah memproses pembebasan lahan untuk pembangunan Komando Distrik Militer di Bumi Nansarunai-Jari Janang Kalalawah.

"Lahan sudah dalam tahapan pembebasan dan setelah selesai pembebasan akan dihibahkan ke Kodim 1012 Buntok," kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, lokasi lahan yang rencananya dijadikan lahan yang dihibahkan untuk pembangunan Kodim di Barito Timur yakni sepetak tanah di Jalan A Yani km 10 Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur, tepatnya berseberangan dengan kantor Kejaksaan Negeri Barito Timur.

Lokasi tersebut dinilai sangat strategis karena berada di jalan poros dan berdekatan dengan perbatasan antara wilayah Kabupaten Barito Timur dengan Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi mengatakan, setelah proses hibah diterima pihak Kodim 1012 Buntok maka akan segera dilaporkan ke Korem 102 Panju Panjung dan Kodam XII Tanjung Pura.

"Setelahnya akan kami usulkan untuk pembangunan Kodim di Barito Timur. Usulan kemungkinan akan disampaikan pada Desember 2019 nanti dengan harapan pembangunannya akan direalisasikan pada tahun 2020 nanti," katanya.

Berdirinya kantor Kodim di Barito Timur nanti akan membuat pengamanan wilayah teritorial akan berada langsung di bawah Korem 102 Panju Panjung di Palangka Raya.

Baca juga: Gelapkan 19,5 ton sawit di Seruyan, Ruslan ditangkap di Bartim
Baca juga: Pemkab Bartim diminta optimal kelola barang milik daerah


Saat ini, Kabupaten Barito Timur masih menjadi wilayah teritorial di bawah Kodim 1012 Buntok yang juga membawahi teritorial Kabupaten Barito Selatan.

Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler mengapreasiasi kebijakan rencana pembangunan Kodim di Barito Timur karena sebagai kabupaten yang memiliki wilayah Kalteng yang dekat calon Ibu Kota Negara Republik Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

"Kami berharap bisa direalisasikan secepatnya. Dengan adanya Kodim di Barito Timur maka akan membuat Kabupaten Barito Timur lebih aman dan nyaman," demikian Ariantho.
Baca juga: Bupati dorong generasi muda di Bartim menjadi pahlawan masa kini