MTQ XV Kabupaten Gumas diharap perkuat kerukunan umat beragama

id MTQ,MTQ XV Kabupaten Gumas, Jaya S Monong,MTQ XV Kabupaten Gumas diharap perkuat kerukunan umat beragama,Bupati Gunung Mas

MTQ XV Kabupaten Gumas diharap perkuat kerukunan umat beragama

Bupati Gumas Jaya S Monong (tengah) didampingi Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing (kiri) dan Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar menekan tombol sirena tanda dibuka MTQ XV tingkat kabupaten, di Masjid Darun Najah Kuala Kurun, Senin (11/11/2019) malam.

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong berharap pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XV tingkat kabupaten dapat memberi dampak positif dalam rangka penguatan kerukunan umat beragama.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena interaksi sosial antarumat beragama di Kabupaten Gumas sangat harmonis dan kondusif,” ucapnya saat membuka MTQ ke XV Kabupaten Gumas di Kuala Kurun, Senin malam.

Menurut dia, suasana harmonis dan kondusif dapat tercipta karena terjalin kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat yang ada di Kabupaten Gumas.

Baca juga: Bupati Gumas lepas pawai taaruf MTQ ke XV tingkat kabupaten

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini juga berharap pelaksanaan MTQ dapat berjalan lancar, tanpa rintangan dan halangan, dari awal hingga berakhirnya pelaksanaan.

“Semoga ajang ini dapat menyeleksi dan melahirkan yang terbaik dari seluruh cabang lomba yang nantinya akan membawa dan mengangkat marwah daerah pada ajang MTQ di tingkat provinsi berikutnya,” kata dia.

Ketua Panitia MTQ XV Kabupaten Gumas Tarmiji mengatakan penyelenggaraan MTQ bertujuan untuk mendorong serta meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan Al Qur’an di lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa.

Baca juga: Arena MTQ Pulang Pisau dipastikan rampung sebelum pelaksanaan

Dia menyebut, MTQ tingkat kabupaten kali ini diikuti oleh delapan kecamatan yakni Sepang, Kurun, Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, Rungan, Rungan Barat dan Manuhing.

Sedangkan untuk pemondokan masing-masing kafilah sudah disiapkan rumah warga di wilayah Kuala Kurun. Pelaksanaan MTQ XV Kabupaten Gumas akan berlangsung hingga 14 November 2019 mendatang.

Dia menyebut, ada enam cabang perlombaan yang akan dilombakan pada MTQ tingkat kabupaten, yakni Tilawah Al Qur’an, Hifz Al Qur’an, Fahmil Al Qur’an, Syarhil Al Qur’an, Kath Al Qur’an, dan Maulid Habsy.

“Tempat pelaksanaan perlombaan akan dilakukan di tiga tempat, yakni di Masjid Agung Darun Najah, Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gumas, dan TK RA Darun Najah,” demikian Tarmiji.

Baca juga: Mendekati waktu pelaksanaan, arena MTQ Pulpis belum selesai

Baca juga: Kecamatan Selat juara umum MTQ ke-44 Kapuas

Baca juga: Kapuas raih penghargaan MURI pembaca Al Quran terbanyak 7.260 orang

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar