Disbudpora Kapuas komitmen optimalkan potensi wisata dan budaya sumbang PAD

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten kapuas,Suparman ,Kepala Disbudpora Kapuas

Disbudpora Kapuas komitmen optimalkan potensi wisata dan budaya sumbang PAD

Kepala Disbudpora Kapuas Suparman bersama Kabid Destinasi dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Uria Ludjen memukul gong tanda dimulainya Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata di Kapuas, Senin (12/11/2019). (ANTARA/ HO/ Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Suparman menegaskan bahwa pihaknya komitmen mengoptimalkan berbagai potensi budata dan pariwisata yang ada di wilayah setempat berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah.

Sekarang yang perlu dipikirkan dan dikonsep berbagai potensi itu mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara, kata Suparman saat membuka Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kapuas tahun 2019, Senin.

"Kita berencana menggelar sebuah acara sendratari Nyai Undang, kisah yang berasal dari Bataguh. Dan, kita bangga bahwa pernah memiliki seorang tokoh wanita yang berjaya di zamannya," singkat Suparman.

Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Uria Ludjen, dalam sambutanya mengatakan, ke depan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng akan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepariwisataan yang ada di 13 Kabupaten dengan menggali potensi-potensinya.

Terkait Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata, menurutnya, kelompok tersebut dapat memberikan kesempatan untuk masyarakat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan untuk meningkatkan wisata dan budaya yang ada di daerah masing-masing.

Pembangunan pariwisata, katanya, membutuhkan peran aktif masyarakat termasuk Kelompok Sadar Wisata, sadar bahwa kelompok itu penting dapat menghadirkan dan memunculkan daya tarik kepariwisataan baik wisata alam, budaya dan buatan.

"Kelompok Sadar Wisata ini dari oleh dan untuk masyarakat, yang utama dapat memberikan pelayanan yang nyaman, aman dan ramah. Kita harus lestarikan, amankan dan promosikan salah satunya lewat media sosial," tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan selaku Ketua Panitia Pelaksana Zakia Faridah dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah salah satu agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas, untuk meningkatkan potensi kepariwisataan Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Kapuas.

Baca juga: Bupati Kapuas bangga pendidikan Al Qur'an diajarkan sejak dini

Kegiatan ini, katanya, diikuti oleh tiga kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas yaitu dari Kecamatan Selat, Kapuas Hilir dan Kapuas Barat dengan jumlah peserta 40 orang dengan pelaksanaan selama satu hari.

"Kegiatan ini bisa diharapkan dapat memacu kreatifitas dan meningkatkan SDM masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang bisa diterapkan kembali di tempat masing-masing," demikian Zakia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas, serta pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Kadis Bupora Kapuas Suparman saat itu, dirangkaikan pembukaan sendratari oleh Sanggar Tari Tingang Menteng Panunjung Tarung dan dihadiri Sekretaris Dinas, para Kepala Bagian yang berada di Disbudpora beserta staf dan para peserta sosialisasi.

Baca juga: Satukan tekat isi kemerdekaan dengan memajukan pembangunan

Baca juga: Bupati Kapuas ingatkan kepala SOPD harus selalu kompak

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar