FKTP se-Barito Utara siap terapkan sistem New KBK

id bpjs-kesehatan muara teweh,sosialisasi sistem new kbk,dinas kesehatan barut

FKTP se-Barito Utara siap terapkan sistem New KBK

Plt Kepala Dinas Kesehatan Siswandoyo (tengah) didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Iwan Adriady (kiri) melalukan sosialisasi sistem New KBK di Muara Teweh, Selasa (29/10/2019).ANTARA/HO-BPJS-Kesehatan Muara Teweh.

Muara Teweh (ANTARA) - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi Jaminan Kesehatan khususnya di FKTP di Kabupaten Barito Utara, dilakukan pengembangan sistem pembayaran kapitasi melalui Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) yang sebelumnya dikenal dengan Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Iwan Adriady dalam kegiatan sosialisasi sistem New KBK mengatakan sistem KBK lebih berorientasi kepada output dan outcome, hal ini didasarkan pada Monev KBK yang telah dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat provinsi hingga tingkat pusat dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait.

"Sistem KBK lebih berorientasi kepada output dan outcome seperti sebelumnya dalam sistem KBKP salah satu indikator dalam mempengaruhi pembayaran kapitasi adalah Rasio Peserta Prolanis Berkunjung ke Puskesmas, dalam sistem KBK mempertimbangkan jumlah peserta Prolanis yang harus dikelola dan capaian peserta dengan kondisi terkontrol,” katanya di Muara Teweh, Selasa (29/10).

Dengan adanya sosialisasi ini FKTP se-Kabupaten Barito Utara tentu sudah dapat berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS dengan mencapai indikator yang ada.

"Dari tiga indikator dalam penilaian KBK yang dapat dipenuhi oleh FKTP tentu akan sejalan dengan peningkatan layanan bagi peserta JKN-KIS, terbukti salah satu FKTP yaitu Puskesmas Kandui pada penilaian bulan sebelumnya mampu mencapai ketiga indikator tersebut dan mencapai persentase pembayaran kapitasi 100 persen," tambah Iwan.

Menyambut baik adanya sistem KBK ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Siswandoyo mengapresiasi adanya sosialisasi ini agar informasi dan regulasi terbaru dapat tersampaikan dengan baik sehingga FKTP dapat lebih siap dalam penerapannya.

"Tentu melalui kegiatan ini menjadi yang momen yang bagus dalam menyampaikan peraturan yang terbaru sehingga FKTP akan lebih siap dalam implementasinya,” ucap Siswandoyo.

Selain itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara juga terus mengupayakan pemenuhan dan peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana yang ada di puskesmas.

"Kita terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dengan memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana hingga tenaga medis yang ada di Puskesmas sebagai penunjang dalam memenuhi indikator dalam sistem KBK," ujarnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar