BPJS-Kesehatan ajak masyarakat peduli kesehatan diri sendiri

id bpjs kesehatan muara teweh,sosialisasi program jkn-kis,desa kandui,gunung timang

BPJS-Kesehatan ajak masyarakat peduli kesehatan diri sendiri

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Muara Teweh Cipta melakukan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di aula Kantor Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara, Jumat (27/09/2019). ANTARA/HO-BPJS-Kesehatan Muara Teweh.

Muara Teweh (ANTARA) - BPJS-Kesehatan Muara Teweh mengajak masyarakat agar peduli dan pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri sekaligus memiliki jaminan kesehatan sebagai proteksi akan risiko datangnya sakit di kemudian hari. 

Hal tersebut disampaikan oleh Cipta Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Muara Teweh dalam kegiatan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di aula Kantor Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara, Jumat (27/09).

"Sebagaimana yang kita ketahui bersama sekarang kabut asap kini tengah melanda hampir diseluruh bagian dari Pulau Kalimantan hingga bisa membawa pengaruh yang buruk bagi kesehatan bisa dari sesak nafas atau hingga infeksi saluran pernapasan,” kata Cipta.

Dia  mengatakan dengan menjaga kesehatan dan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS hal tersebut sebagai bentuk kepedulian kita akan kesehatan diri dan kesehatan orang lain dengan membayar secara rutin iuran JKN-KIS-nya.

"Bagi masyarakat yang telah menjadi peserta JKN-KIS tentu memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran iurannya tiap bulan khususnya bagi segmen peserta mandiri, sebagai bentuk kepedulian akan kesehatan sendiri dan juga sesama peserta JKN-KIS lainnya," ungkapnya.

Kepada masyarakat yang hadir, Cipta juga berbagi tips agar pembayaran iuran JKN-KIS dapat terhindar dari kelupaan atau terasa berat saat memiliki tunggakkan.

"Jika ada yang sering lupa untuk bayar iuran JKN-KIS nya, sekarang ada sistem autodebit untuk pembayaran langsung bisa dipotong dari rekening setiap bulannya sehingga dapat bayar dengan tepat waktu dan tunggakkan tidak menumpuk sehingga akan terasa berat untuk dibayar," jelasnya.

Masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS juga dapat selalu melihat status keaktifan kartu melalui aplikasi Mobile JKN.

"Jangan lupa juga untuk melihat status keaktifan kepesertaannya bisa melewati aplikasi Mobile JKN yang bisa di download melalui smartphone masing-masing secara gratis, dengan adanya Mobile JKN akan mempermudah peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan administrasi kepesertaan," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, sosialisasi juga dilaksanakan bersama dengan perwakilan dari Dinas Kesehatan Barito Utara Sri Milawati mengajak bagi masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS agar dapat bergotong royong.

"Bagi masyarakat yang belum terdaftar khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu juga dapat mengajukan menjadi peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), harapannya semua nanti punya jaminan kesehatan,” ujar Sri. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar