BPJS evaluasi pelayanan kesehatan tingkat Puskesmas terhadap peserta JKN-KIS

id bpjs kesehatan muara teweh,eveluasi pelayanan kesehatan di puskesmas,jkn-kis

BPJS evaluasi pelayanan kesehatan tingkat Puskesmas terhadap peserta JKN-KIS

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Muara Teweh Cut Marisa memberikan paparan pada evaluasi Kapitasi Berbasis Komitmen Kinerja (KBK) bagi Puskesmas pemberi pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS di Muara Teweh, Senin (21/10/2019). ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - BPJS Kesehatan Muara Teweh melakukan evaluasi Kapitasi Berbasis Komitmen Kinerja (KBK) bagi Puskesmas di Kabupaten Barito Utara sebagai pemberi pelayanan kesehatan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dengan adanya kegiatan evaluasi ini dapat menjadi acuan fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan bagi yang terbaik kepada seluruh masyarakat sekaligus menjadi bahan dalam melaksanakan kegiatan di penghujung  2019, kata perwakilan dari Dinas Kesehatan Barito Utara Pahriadi di Muara Teweh, Senin (21/10).

"Melalui kegiatan ini Puskesmas dapat memperhatikan apa saja yang menjadi catatan sebagai bahan evaluasi dalam memberikan pelayanan kesehatan selama dua bulan ke depan sehingga peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyakat dapat terus berkesinambungan," tambahnya.

Ia mengharapkan semua kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan kordinasi yang baik antara Dinas Kesehatan, Puskesmas dan BPJS Kesehatan.

"Kita terus upayakan koordinasi agar kendala di lapangan dapat diatasi bersama," ucapnya.

Berdasarkan penilaian dari Juli dan Agustus, untuk angka kontak, rasio prolanis, rasio rujukan non spesialistik sebagai indikator dalam penilaian KBK menunjukkan peningkatan capaian bahkan salah satu Puskesmas mencapai persentase pembayaran kapitasi 100 persen.

"Puskesmas Kandui sebagai satu-satunya puskesmas di Barito Utara  yang persentase pembayaran kapitasinya mencapai 100 persen karena telah memenuhi 3 indikator tersebut,"  ungkap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Muara Teweh Cut Marisa.

Dengan capaian tersebut, Cut mengharapkan agar dapat menjadi motivasi bagi FKTP lain untuk meningkatnya capaiannya yang juga akan berdampak baik pada peningkatan kualitas layanan bagi peserta JKN-KIS.

"Harapannya Puskesmas Kandui dalam kesempatan lain nanti dapat memberikan sharing dan tipsnya dalam melaksanakan pelayanan kesehatan sehingga dapat menjadi solusi bersama dalam mengatasi hambatan yang dihadapi di puskesmas lainnya," kata dia.

Selain di Kabupaten Barito Utara, kegiatan evaluasi ini juga akan dilaksanakan di tiga kabupaten wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito yaitu Kabupaten Murung Raya, Barito Timur dan Barito Selatan.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar