BPJS datangi warga Desa Marga Jaya untuk memastikan KIS diterima

id bpjs kesehatan muara teweh,spot check,kartu kis,desa marga jaya,barito selatan

BPJS datangi warga Desa Marga Jaya untuk memastikan KIS diterima

Petugas BPJS Kesehatan mendatangi rumah warga guna melakukan spot check untuk memastikan layanan KIS dapat dipahami warga Desa Marga Jaya Kecamatan Gunung Bintang Awai, Barsel, Selasa (27/9/2019).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Buntok (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh melakukan datangi warga di sejumlah tempat termasuk beberapa desa di wilayah Kabupaten Barito Selatan untuk melakukan spot check guna memastikan layanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) diterima warga dan dipahami.

Spot check menjadi kesempatan untuk memberikan edukasi kepada peserta terkait hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS selain untuk memastikan KIS telah sampai ke tangan peserta, kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Cipta Margana saat mengujungi Desa Marga Jaya Kecamatan Gunung Bintang Awai, Selasa (27/9).

"Setelah menerima KIS nya, kita pastikan juga peserta paham akan hak dan kewajiban serta prosedur dalam memperoleh layanan program JKN-KIS. Dengan  melakukan sosialisasi terkait informasi maupun regulasi terbaru kepada setiap peserta yang dikunjungi," tambahnya.

Selain itu, kata dia, salah satu  kewajiban peserta yang harus selalu diperhatikan antara lain pelaporan atas perubahan data kepesertaan.

"Apabila di lapangan ditemukan Kartu KIS yang masih belum sesuai dengan KTP dan KK terbarunya maka dapat langsung kita arahkan untuk diperbaiki. Pelaporan terhadap perubahan data ini juga menjadi kewajiban peserta agar tidak ada kendala terkait validitas datanya saat digunakan untuk berobat," katanya.

Menurut dia, tantangan yang dialami pada saat spot check diantaranya akses jalan yang sulit dan alamat yang tidak ditemukan karena wilayah geografis pedesaan yang memiliki ciri khas tersendiri. 

"Namun hal ini dapat terbantu oleh warga desa maupun kepala desa yang dengan senang hati menunjukkan jalan ke tempat peserta yang dituju," kata dia.

Kepala Desa Marga Jaya Rohimin mengungkapkan terima kasihnya kepada petugas BPJS Kesehatan yang datang langsung berkunjung ke desanya.

"Rasanya senang desa kami dapat dikunjungi langsung oleh BPJS Kesehatan, karena banyak warga yang tidak dapat langsung ke kantor BPJS Kesehatan karena akses jalannya yang sulit," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada warga desa yang telah membantu BPJS Kesehatan dalam melakukan spot check, karena akses jalan tak hanya lewat darat tapi juga menyeberang sungai, alamat peserta yang berpindah-pindah, perbedaan nama maupun kendala lainnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar