Kepala Desa di Murung Raya dibekali pengetahuan JKN-KIS

id bpjs kesehatan muara teweh,kades,murung raya,sosialisasi,jkn-kis

Kepala Desa di Murung Raya dibekali pengetahuan JKN-KIS

BPJS Kesehatan menggelar sosialisasi JKN-KIS kepada para kepala desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Murung Raya, Rabu (28/8/2019).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Puruk Cahu (ANTARA) - BPJS Kesehatan Muara Teweh menggelar sosialiasasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada Kepala Desa di Kabupaten Murung Raya dilaksanakan di Kecamatan Murung, Permata Intan, Laung Tuhup dan Uut Murung, Rabu (28/8).

Kepala BPJS Kesehatan Muara Teweh Iwan Adriady mengatakan rangkaian kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman terkait dengan program JKN-KIS kepada kepala Desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Peserta JKN-KIS dibagi dalam beberapa segmen kepesertaan, salah satunya Pekerja Penerima Upah (PPU) yang didalamnya termasuk Kepala Desa dan Perangkat Desa, hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Perpres 82 Tahun 2018," katanya.

Menurut dia, kewajiban Kepala Desa dan Perangkat Desa untuk ikut serta dalam program JKN-KIS telah dicantumkan dalam Perpres tersebut dan Permendagri nomor 83 Tahun 2015 tentang Pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa.

"Bagi Kepala Desa dan perangkat desa berdasarkan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 juga harus diikutkan dalam jaminan kesehatan. Termasuk juga apabila statusnya sebagai suami-istri yang masing-masing merupakan pekerja, maka keduanya wajib didaftarkan. Kecuali bagi perangkat desa yang merangkap sebagai pekerja baik Pegawai Negeri Sipil atau karyawan Badan Usaha dan sebelumnya telah terdaftar disana maka tidak perlu lagi di daftarkan,” tambah Iwan.

Untuk iurannya sendiri, kata dia,  sebagai dasar perhitungan besaran iuran batas paling rendah gaji atau upah per bulan sebesar upah minimum kabupaten/kota. 

"Apabila pemerintah daerah tidak menetapkan upah minimum kabupaten/kota, maka yang menjadi dasar perhitungan besaran iuran yaitu sebesar upah minimum provinsi," kata dia.

Camat Laung Tuhup  Supriadi Usup  mengharapkan adanya kegiatan ini kepala desa dan perangkat desa dapat memahami hak dan kewajibannya dalam program JKN-KIS mengingat Kabupaten Murung Raya yang telah menyandang predikat Universal Health Coverage sehingga informasi lainnya bisa disampaikan kembali ke warga di desanya.

"Selain informasi yang didapat terkait dengan kepala desa, secara umum informasi lainnya dapat disampaikan kembali kepala desa kepada warga di desanya," ujar Supriadi. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar