DLH Gumas diminta tingkatkan pengelolaan data lingkungan

id DLH Gumas,DLH Provinsi Kalimantan Tengah,DLH Gumas diminta tingkatkan pengelolaan data lingkungan

DLH Gumas diminta tingkatkan pengelolaan data lingkungan

Plt Kepala DLH Kabupaten Gunung Mas Yohanes Tuah didampingi Kabid Penataan dan Penaatan PPLH DLH Kabupaten Gumas Karno Perry memberi keterangan kepada awak media, usai membuka Sosialisasi dan Inventarisasi Data dan Informasi Lingkungan Hidup untuk RPPLH Provinsi Kalteng, di Kuala Kurun, Senin (18/11/2019). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Yohanes Tuah meminta perangkat daerah di lingkup pemerintah kabupaten setempat untuk membantu DLH Provinsi Kalimantan Tengah.

Membantu disini adalah dalam penyusunan data yang mudah dipahami, kata Yohanes usai membuka Sosialisasi dan Inventarisasi Data dan Informasi Lingkungan Hidup untuk Penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng, di Kuala Kurun, Senin.

“Jadi data yang disampaikan oleh perangkat daerah sebaiknya tidak hanya berbentuk tabel, sehingga data yang diminta oleh DLH Kalteng sesuai kebutuhan dan mudah dimengerti oleh mereka,” tambahnya.

Baca juga: DPRD Bartim kaji pengelolaan lingkungan ke DLH Kalsel

Dia menyebut, data yang diperlukan oleh DLH Kalteng diantaranya adalah terkait bencana, permasalahan banjir, kebakaran hutan dan lahan, atau potensi-potensi yang dapat menimbulkan masalah di Kabupaten Gumas.

Selanjutnya potensi dan kondisi sumber daya alam utama atau penting, potensi dan kondisi ekosistem sensitif, data kependudukan dan pemukiman, data pertumbuhan ekonomi, peta kawasan hutan, peta kawasan strategis, dan lainnya.

Menurutnya, jika perangkat daerah hanya memberikan data dalam bentuk tabel, belum tentu data tersebut dipahami oleh DLH Kalteng. Oleh sebab itu, diharapkan perangkat daerah memberi data sesuai harapan DLH Kalteng.

Baca juga: Gumas terima bantuan tong sampah dan komposter dari pemprov

“Makanya saya minta kepada teman-teman yang mengikuti sosialisasi agar benar-benar memahami apa yang diminta oleh DLH Kalteng, serta memberikan data yang sesuai dengan harapan mereka,” bebernya.

Data-data yang diberikan, lanjut dia, hendaknya juga harus sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan, data yang tepat dan valid, agar dapat menjadi pegangan dan pijakan tentang kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Gumas.

Pada kesempatan ini dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada DLH Kalteng yang telah hadir dan melaksanakan sosialisasi di Kabupaten Gumas, guna menghimpun informasi dan data-data yang diperlukan.

“Saya mohon perwakilan dari perangkat daerah di lingkup Pemkab Gumas yang mengikuti kegiatan ini agar sungguh-sungguh membantu dalam memberikan informasi dan data yang dibutuhkan oleh DLH Kalteng,” demikian Yohanes.

Baca juga: Bupati ingatkan DLH Bartim serius tegakkan aturan lingkungan hidup

Baca juga: DLH Bartim tak temukan sumber dugaan pencemaran di Sungai Awang

Baca juga: Kejari geledah Kantor DLH Kalteng, ini respon Gubernur

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar